Pengenalan Software-Defined Network (SDN)



Hingga beberapa tahun yang lalu, penyimpanan data, komputerisasi, dan bahkan sumber daya jaringan masih terpisah satu sama lain dengan jaringan lainnya.nBahkan sistem yang digunakan untuk mengatur dan mengelolanya pun dipisah. Ini membuat penggunaan sumber daya jaringan menjadi tidak efisien. Maka dari itu muncul sebuah paradigma jaringan baru untuk mengatasinya. Paradigma jaringan beru tersebut adalah Software-Defined Network.

Apa itu Software-Defined Netword atau SDN ?

Software-Defined Network atau disingkat SDN merupakan sebuah konsep jaringan yang bsa dibilang baru dan masih asing bagi kebanyakan orang, kecuali bagi mereka yang menekuni dunia Teknologi.

SDN juga bisa diartikan sebuah paradigma baru dalam pembangunan jaringan komputer, namun akan berbeda jika dibandingkan dengan model jaringan yang sebelumnya. Pada SDN, sistem pengontrol (Control Plane) akan dipisahkan dengan Forwarding Device( Data Plane).

Perbedaan model jaringan lama dan SDN .

Dengan model jaringan seperti ini, para client akan menggunakan pemodelan semacam API. Dimana para client dapat mengakses apa yang diperlukannya dengan mudah tanpa harus melakukan instalasi server secara manual seperti jaringan yang sebelumnya.

Pada jarngan SDN, data center sebenarnya di desain terpisah dari computing element, storage, dan juga jaringan yang terhubung dengan client. Dengan diterapkannya SDN, sumber daya yang ada pada tipe data center ini terfokus
 pada aplikasi yang berjalan secara fungsional pada server yang fungsinya adalah untuk melayani client. Sebelumnya, model layanan ini digunakan untuk melayani client pada organisasi secara local.

Cara Membuat dan Konfigurasi Jaringan Ad hoc Windows

Ada banyak manfaat dan keuntungan dari penggunaan model jaringan ini, salah satunya adalah beban yang ada pada server akan menurun karena tidak perlu memuat banyak resource dan mengirimnya dari server atau storage yang berbeda. Selain itu network environments SDN juga di desain lebih sederhana dan efektif.

Tidak hanya menarik untuk para pengembang, ternyata SDN juga memberikan solusi bagi banyak permasalahan jaringan. Bahkan saat ini SDN juga mampu mengatasi banyak kebutuhkan yang ada pada sektor bisnis.

Dengan adanya kemajuan teknologi seperti ini, khususnya pada jaringan, diharapkan bisa mengatasi berbagai masalah jaringan yang ada di Indonesia, khususnya delay yang menyebabkan proses transmisi data menjadi lamban. Dengan dimikian juga dibutuhkan kemampuan yang meningkat dari para teknisi jaringan dan juga sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. 

No comments for "Pengenalan Software-Defined Network (SDN)"