Ini Pembahasan Dan Cara Ampuh Mengatasi Malas

Daftar Bahasan :

  1. Definisi Malas
  2. Penyebab Malas
  3. Akibat Malas
  4. Cara Mengatasi

Definisi Sifat Malas

Malas bisa diartikan sebagai sifat yang mencegah atau menghalangi niat seseorang untuk melakukan kegiatan atau keperluan yang sebenarnya perlu untuk dilakukan. Contohnya adalah malas belajar, lagipula siapa sih yang nggak malas buat belajar ? haha.

Penyebab Adanya Sifat Malas

Sebenarnya ada banyak variasi hal hal yang menyebabkan seseorang menjadi malas dalam kesehariannya. Namun dalam artikel ini, akan saya berikan beberapa contoh saja.
1. Kondisi yang mendukung
Kondisi yang mendukung disini artinya adalah kondisi dimana saat kita malas selalu saja ada alasan yang sengaja dibuat oleh otak kita (tanpa kita sadari) untuk mendukung kemalasan tersebut.

2. Mood menentukan kemalasan
Mood / suasana hati biasanya juga berpotensi besar dalam menyebabkan kita malas. Mood ini berhubungan langsung dengan kondisi yang mendukung. Mood juga bisa menentukan apakah kita akan mengerjakan sesuatu atau tidak, biasanya mood yang buruk akan membuat kita malas untuk melakukan apapun, dan akhirnya menjadi mager.

3. Adanya paksaan atau merasa terpaksa
Misalnya saja jika seseorang memiliki kegiatan ataupun kewajiban pasti akan dilakukan dija dinilai penting. Namun akan cenderung malas untuk mengerjakannya pada saat tidak ada tekanan atau paksaan. Misalnya saya tidak ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan keinginan dari diri sendiri sebenarnya ingin kuliah. Apa yang mungjkin terjadi pada saat saya tidak dalam pengawasan saat masa kuliah ? Bisa saja saya hanya bermalas malasan tanpa memikirkan akibatnya.

4. Pola hidup yang tidak sehat.
Dengan banyak kebiasaan buruk yang dilakukan seperti begadang misalnya, maka akan muncul sifat malas juga. Kurang istirahat akan menyebabkan tubuh sering merasa lelah dan kurang bertenaga. Lalu apa yang terjadi ? orang yang kurang bertenaga akan sering tiduran dan bermalas malasan.

Akibat Dari Sifat Malas

1. Tidak mendapatkan kepercayaan.
Apabila seseorang sering lalai dalam kewajiban atau tugas yang diembannya, maka pemberi tugas atau kegiatan tak akan mau memberinya tugas lagi karena khawatir ia akan melalaikan tugasnya.

2. Mendapat teguran bahkan dipecat.
Ini bisa berlaku buat kalian yang bekerja di kantor misalnya. Untuk para pekerja kantor yang cenderung malas untuk melaksanakan tugasnya pasti akan mendapat teguran dari atasan. Bahkan tidak mustahil akan berakhir dengan dipecat.

3. Terburu buru di akhir(deadline).
Kebiasaan seseorang untuk menunda pekerjaan bisa menyebabkan mereka terburu buru pada akhir waktu. Akhir waktu yang dimaksud adalah deadline, pada saat mendekati deadline, seseorang akan terburu buru untuk melakukan tugasnya sehingga ketelitian menurun dan membuat hasilnya tidak maksimal.

4. Tidak mendapat nilai.
Ini berlaku untuk pelajar, khususnya para mahasiswa. Sering ada momen malas yang datang jika sudah menyinggung tugas. Kebiasaan malas bisa menyebabkan mereka menunda nunda tugasnya. Lalu pada akhirnya tidak sempat mengumpulkan tugas dan berujung nilai 0.

Cara Mengatasi Kebiasaan Malas

1. Buat jadwal  kegiatan
Ini dilakukan dengan tujuan untuk menyadarkan diri akan kegiatan kegiatan yang harus dilakukan pada saat rasa malas datang.

2. Pikirkan akibat malas
Seperti dijelaskan di atas, ada banyak akibat dari perilaku malas, pikirkan akibatnya jika sampai terjadi dan hindarilah karena tidak ingin terkena akibatnya.

3. Buatlah target
Seseorang yang memiliki target akan cenderung menekuni usaha untuk mencapai target itu. Maka dari itu cara ini sangat disarankan.

4. Jalani pola hidup sehat
Pola hidup sehat bisa membuat badan terasa lebih berenergi. Badan yang senantiasa berenergi cenderung lebih semangat dalam kesehariannya dan menghindari perilaku malas.

5. Minta diingatkan ketika malas
Ini adalah alternatif yang terakhir, mintalah teman yang tinggal dengan kalian untuk mengingatkan kalian ketika kalian sedang bermalas - malasan. Cara ini terbilang cukup ampuh, karena teman kalian lah yang paling sering menyadari kemalasan kalian.

Menurut saya, cara diatas bisa dibilang cukup berhasil( menurut pengalaman saya ). Nah buat kalian yang merasa memiliki sifat atau bahkan kebiasaan malas, coba terapkan cara cara diatas untuk mengatasinya.


No comments for "Ini Pembahasan Dan Cara Ampuh Mengatasi Malas"