Berkebun Bisa Mengatasi Depresi Dan Rasa Cemas


Depresi dan rasa cemas memiliki banyak penyebab, salah satunya adalah tekanan.  Datangnya tekanan tersebut bisa berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Tingginya tingkat tekanan bisa mempengaruhi depresi dan rasa cemas.


Dari sekian banyak cara untuk mengatasinya, cara termudahnya adalah dengan melakukan hobi yang kita senangi. Pada saat kita melakukan apa yang kita senangi, untuk sesaat semua rasa depresi dan cemas yang mengganggu akan menghilang tertutupi dengan kesenangan. Salah satu contoh hobi yang direkomendasikan adalah kegiatan berkebun.

Berkebun bisa memberikan ketenangan.


Kenapa ? karena dengan berkebun, mata kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang dipenuhi warna hijau dari daun. Warna hijau yang ada pada daun dinilai bisa memberikan kesan segar dan memberikan ketenangan untuk menghilangkan depresi kita. Selain itu juga akan memberikan waktu untuk kita bersantai dan menenangkan diri.

Tidak hanya warnanya yang segar, memiliki berbagai jenis tanaman di sekitar rumah bisa memberikan asupan oksigen tambahan dalam skala kecil serta menyegarkan area rumah tersebut.

Berinteraksi dengan lingkungan alam menyehatkan fisik dan mental.


Dalam sebuah studi, para peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang tinggal ditempat tinggalnya dipenuhi tanaman dan berinteraksi atau kontak fisik dengan tanaman cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dibanding orang yang tempat tinggalnya minim tanaman. 

Banyak dokter di Inggris, terutama London yang mulai merancang dan menerapkan ' Terapi Berkebun ' untuk membantu meringankan hingga menyembuhkan berbagai gejala depresi, seperti kesepian, cemas, hingga stress jangka panjang.



Tidak ada persyaratan dan aturan khusus dalam berkebun. Cukup lakukan kegiatan berkebun dengan mulai menanam dan merawat tanaman yang mudan ditanam. Misalnya adalah tanaman yang hanya untuk hiasan, hingga sayur mayur yang biasa kita manfaatkan di dapur, dan cabai pun juga bisa.

Baca juga :

Untuk merasakan manfaat berkebun untuk membantu memberikan ketenangan, disarankan untuk melakukan kegiatan ini dengan intensitas yang cukup dan konsisten. Pastikan kalian melakukannya dalam beberapa minggu dan rasakan manfaatnya.

Memang terkesan mudah dan sepele, namun cara ini terbukti berhasil pada banyak orang yang sudah mencobanya. Kalian yang sedang mengalami ataupun ingin menghindari depresi, bisa coba terapkan cara ini.


No comments for "Berkebun Bisa Mengatasi Depresi Dan Rasa Cemas"