Perbedaan Kopi Mahal VS Kopi Murah Yang Anda Perlu Tau


Findnlearnthings - Apa perbedaan kopi murah dan kopi mahal ? Tentu berbeda. Paling cuma harganya yang beda ? Memang ada benarnya, tapi tidak sesederhana itu. Mari kita bahas.


Kopi memang menjadi hal yang sangat familiar dikalangan anak muda, terlebih untuk mereka yang mengaku bahwa dirinya termasuk indie. Tidak hanya anak muda, orang dewasa sampai lansia pun kebanyakan menyukai kopi. Kopi memang sudah sejak lama menjadi teman yang bisa menemani kita dalam berbagai kondisi.

Saking banyaknya konsumen kopi tersebut, kini ada sangat banyak kedai kopi mulai dari yang dipinggir jalan hingga sudah memiliki tempatnya sendiri, cafe misalnya. Terlepas dari banyaknya peminat, banyaknya kedai kopi saat ini bisa dibilang menjamur dan ada dimana mana. 

Lalu apa bedanya kopi yang harganya murah dan mahal?
Dari beberapa aspek, ada banyak perbedaan yang bisa membuat keduanya punya penikmatnya sendiri.

Lokasi Penjualan
Kedai kopi pinggir jalan / angkringan.
Photo from https://www.flickr.com/photos/candraaji/
Cafe
Lokasi dijualnya kopi pun akan menghasilkan perbedaan pada penilaian seseorang yang menikmati kopi tersebut. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa mereka lebih merasakan nikmatnya kopi saat menikmatinya di cafe. Namun jangan salah, tidak sedikit penjual kopi di tepi jalan yang punya cara sendiri dalam mengolah kopinya hingga siap dihidangkan dan dinikmati para pelanggannya.

Asal Kopi
Berbagai kopi hadir dengan memberitahukan asal kopi tersebut, misalnya kopi toraja, kopi luwak, kopi ijen, dll. Kenapa ? itu karena beanyak kalangan memang menyukai kopi yang dihasilkan dari daerah tertentu karena memang sudah cocok dengan rasanya. Rasa kopi memang pahit, namun setiap penikmat pasti akan menemukan apa yang ia sukai di kopi tersebut.

Dari berbagai daerah berbeda, tentunya tiap kopi punya ciri khas sendiri, seperti ada campuran asam, ada juga yang sedikit terasa manis. Dan hanya dengan asal yang berbeda, harga jualnya juga akan ikut berbeda karena suatu kopi akan bernilai tinggi jika banyak peminatnya.








Harga Jual
Kopi tentunya dijual dengan harga bervariasi, karena proses pembuatannya dinilai bisa menentukan apakah suatu kopi bisa dikatakan nikmat atau tidak. Misalnya saja kopi yang disediakan dengan menggunakan mesin yang ada di cafe. Kopi yang dijual ditempat tersebut akan memiliki hasil yang cenderung lebih lembut dari kopi yang ada di kedai kopi pinggir jalan, atau mungkin angkringan.

Rasa Yang Dihasilkan
Jika kita membicarakan rasa, kopi yang biasa dijual murah cenderung hanya akan memiliki dua jenis, yaitu kopi susu, dan kopi hitam. Rasanya pasti akan terasa pahit, dan juga manis lembut karena ada campuran susu.

Sedangkan kopi yang dijual dengan harga mahal di cafe akan memiliki rasa yang bervariasi. Jenis kopi yang biasa disediakan di cafe adalah americano, coffee latte, cappuccino, espresso. Dari semua nama yang berbeda, pastinya rasa yang dihasilkan akan berbeda pula.

Kualitas Kopi
Kualitas kopi juga menjadi pembeda diantara berbagai jenis kopi yang dijual. Biasanya kopi yang dijual diberbagai cafe akan memiliki kualitas bagus, karena merupakan kopi pilihan dengan harga malah. Selain karena teknik pembuatan, hal ini juga menjadi penyebab harga kopi di cafe menjadi lebih mahal. Sedangkan kopi yang dijual di kedai pinggir jalan biasanya bukan kopi pilihan dan memiliki harga yang lebih murah. Namun yang diutamakan tetaplah aroma dan rasa yang dihasilkan.

Kesimpulannya adalah, tidak masalah berapapun harganya, asalkan kalian bisa menikmati kopi tersebut. Karena kenikmatan suatu kopi tidak hanya ditentukan dari harga jualnya, saya sendiripun sangat menyukai kopi, bahkan saya sering menikmati kopi yang ada di pinggir jalan, karena selain murah dan ada kenikmatannya, kedai kopi yang ada di pinggir jalan cenderung punya pelanggan yang sangat mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Jadi sudah tau kan bedanya kopi mahal di cafe dan kopi murah yang disajikan di pinggir jalan ?

No comments for "Perbedaan Kopi Mahal VS Kopi Murah Yang Anda Perlu Tau"