Tips Menjaga Kamar Tetap Rapi Bersih Dan Tidak Bau Rokok


Kali ini akan saya bagikan tips tips unfaedah untuk kalian tentang bagaimana menjaga agar ruangan tetap rapi, bersih, dan tidak bau rokok.

1. Buang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya merupakan kesadaran yang harus ditanamkan. Ini merupakan perbuatan baik dan positif yang harus dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari agar dapat ditiru dan menjadi teladan bagi orang lain.

Walaupun terkesan remeh, namun ada baiknya jika seseorang membuang sapah setelah memisahkannya terlebih dahulu. Setidaknya ada dua jenis sampah yang bisa digunakan untuk patokan pemilahan sampah, yaitu : 
  • Sampah organic
Sampah organic adalah jenis sampah yang dapat terurai dengan mudah melalui proses alami atau biologis. Contoh sederhana sampah organic adalah sisa makanan, daun-daun, kayu yang sudah lapuk dan lain sebagainya. Sampah organic juga disebut sebagai sampah basah. Jenis sampah yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Sampah anorganic
Jenis sampah yang kedua adalah sampah anorgnaic atau non-organic. Ini merupakan jenis sampah yang bisa dibilang sangat sulit terurai dan membutuhkan waktu yang sangat lama , dan harus diuraikan secara manua. Contoh sampah anorganic adalah plastik, kaleng, pecahan kaca, sterofoam dan lain lain. Karean sifat sulit terurai ini, sampah anorganic biasa disebut sampah kering yang memerlukan tindakan khusus agar dapat diuraikan, misalnya dengan dibakar.

2. Biasakan menyapu dan membersihkan kamar

Kebanyakan orang pasti tau, bahwa menyapu dan membersihkan kamar merupakan kewajiban yang harus dilakukan demi menjaga kamar tetap bersih. 

Namun tidak jarang juga ada sebagian orang yang sama sekali tidak memperdulikan kebersihan dari kamar tidur. Terlebih mereka yang memiliki aktivitas yang begitu padat, sehingga sulit untuk meluangkan waktu guna membersihkan kamar. 

Memang secara kasat mata atau tidak terlihat, kamar terlihat sudah bersih dan bebas dari kuman serta penyakit. Namun justru tanpa disadari, jika tidak pernah dibersihkan, maka kuman yang pada awalnya hanya ada sedikit lama-kelamaan akan berkembang dan membentuk koloni yang pada akhirnya akan menganggu kesehatan tubuh.

3. Mengepel lantai kamar

Sering kali kegiatan mengepel lantai disebut sebut sebagai kegiatan pelengkap sesudah menyapu. Selain untuk tujuan kebersihan, mengepel lantai ternyata bisa memberikan manfaat lainnya seperti dibawah ini :





4. Masukkan barang tidak perlu ke kardus

Cara selanjutnya adalah cara yang cukup unfaedah, yaitu memasukkan barang barang yang tidak diperlukan ke dalam kardus. Ini bisa dilakukan dengan cara memilih mana saja barang yang sekiranya tidak akan digunakan, lalu dimasukkan ke dalam kardus. Tidak ada cara khusus, kalian bisa memasukkan barang barang tersebut bahkan tanpa menyusunnya. Tidak masalah jika akan rusak atau berantakan dalam kardus, setidaknya kalian bisa membuat ruangan kamar kalian sedikit lebih bersih dan rapi.

5. Masukkan baju yang kotor ke dalam lemari

Sama seperti cara diatas, cara ini juga tidak kalah unfaedahnya. Cara kali ini adalah memasukkan baju kotor ke dalam lemari. 

Kenapa tidak kedalam tempat baju kotor ? 
Karena orang orang yang sudah terbiasa dengan keadaan kamar yang kotor sering tidak merasa terganggu jika kondisi kamarnya berantakan. Jadi mereka tidak terlalu memikirkan barang seperti baju kotor, cukup masukkan saja kedalam lemari, karena tidak akan dicuci juga pada akhirnya.

6. Jangan merokok

Untuk kalian yang tidak ingin kamar bau rokok, ini adalah cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk menghindarinya. Merokok memang akan meninggalkan bau yang terbilang susah hilang, terutama jika dilakukan pada ruangan sempit seperti kamar.

Jadi jika kalian tidak ingin ruangan kalian, terutama kamar berbau rokok, maka saya anjurkan agar anda tidak merokok, atau setidaknya tidak pada ruangan tersebut hehe.

Sampai disini dulu tentang tips-tips unfaedah yang sebenarnya tidak perlu saya bagikan karena kalian sebenarnya juga sudah tau. Sekian dan terimakasih.

      1 comment for "Tips Menjaga Kamar Tetap Rapi Bersih Dan Tidak Bau Rokok"

      Post a Comment