Cara Membeli Domain Tanpa Hosting Dari Rumahweb


Udah pada tau kan apa itu domain ? Ya, mudahnya domain adalah sejenis nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. Salah satu contohnya adalah www.findnlearnthings.site, domain dari website tersebut adalah .site . Dan kepemilikan domain ini bisa saja berubah seiring berjalannya waktu, bisa saja menjadi .com , .net , dan lain sebagainya.



Lalu apa perbedaannya ? berbeda dengan www.findnlearnthings.blogspot.com yang menggunakan domain gratis, website ini menggunakan top level domain, dan tentunya top level domain itu tidak gratis. Kepemilikannya tergantung kepada pemilik website apakah ingin terus melakukan penggunaan domain atau tidak.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memiliki top level domain seperti com, co.id, site, net dll ?
Mudah sekali, kita hanya perlu melakukan pendaftaran atau pembelian domain. Pembelian domain ini sudah bukan hal asing lagi di Indonesia, banyak website yang menyediakan layanan pembelian domain, salah satunya adalah rumahweb.com, website ini adalah tempat saya membeli domain pertama saya. Dan pada postingan kali ini akan saya berikan tutorial pembelian domain di website ini. Karena selain mudah, selalu ada promo untuk pelanggannya mulai dari domain, hosting, dan layanan lainnya.

Langsung saja kita mulai langkah langkah untuk pembelian domain.
1. Buka website www.rumahweb.com.

2. Cek domain yang tersedia untuk website kita, caranya ketikkan url website kita tanpa domain, lalu search.

3. Akan muncul tampilan seperti ini, yang menunjukkan nama nama domain yang tersedia, bisa kita pilih berdasarkan kategori, jika kesulitan menemukan domain yang diinginkan, langsung saja ke langkah no 4.

4. Scroll kebawah, lalu lihat semua domain yang muncul, pilih mana yang sesuai, lalu klik daftar.


5. Pada contoh kali ini kita gunakan .com , coba pikirkan apakah kita membutuhkan perlindungan tambahan atau tidak, jika tidak hilangkan tanda centang pada pilihan dibawah ini.


6. Pilih paket layanan yang diinginkan, jika hanya ingin membeli domain klik pilihan sebelah kanan ? bagaimana cara menentukannya ? Jika kita sudah memiliki website yang dibuat dengan CMS, misalnya Blogger, Wordpress, dll maka lebih baik pilih Beli Domain Saja, namun jika kita membuat web sendiri dari nol, maka pilih paket dengan hosting. Pada contoh ini kita akan membeli domain saja tanpa hosting.


7. Jika kita memilih beli domain saja, maka langkah ke tiga akan di lewati. Lakukan pendaftaran guna memberikan informasi untuk kepemilikan domain, bisa dengan member login (jika sudah pernah mendaftar), atau daftar baru menggunakan akun sosmed kita.

8. Sesudah mendafar dan login, pilih metode untuk pembayaran.


9. Lalu akan muncul detail tentang pembayaran yang harus kita lakukan. Lalu lakukan Check Out.


10.Sesudah melakukan proses check out, makan detail pembayaran akan muncul di profil kita dan juga dikirimkan menuju email seperti gambar di bawah ini.



11. Jika sudah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi dengan format yang sudah ditentukan, tunggu beberapa saat, lalu pembelian domain akan aktif.


Mudah bukan? bahkan jika kita memiliki kesulitan atau ingin menanyakan info tertentu, bisa tanyakan langsung melalui fitur live chat. Baik, sekian dulu tutorial yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.




No comments for "Cara Membeli Domain Tanpa Hosting Dari Rumahweb"