Cara Mencegah Dan Mengatasi Jerawat Khususnya Bagi Pria


Jerawat merupakan salah satu sumber keresahan bagis etiap orang, khususnya remaja. Remaja yang saya maksud tidak hanya wanita yang memperhatikan penampilannya, melainkan juga pria. Jerawat yang muncul di wajah tentunya sangat mengganggu dan membuat seseorang kurang percaya diri.

Seperti yang kita ketahui, jerawat tidak hanya muncul di wajah, melainkan juga muncul di dada, punggung, bahkan bahu, atau di tempat yang banyak terdapat keringat. Masalah jerawat biasanya lebih banyak dialami oleh para remaja dibandingkan orang dewasa. Sayangnya, tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga menghadapi masalah jerawat yang sama.


Penyebab muncul jerawat

Penyebab munculnya jerawat pada dada, bahu, dan punggung adalah karena tingginya kadar produksi keringat. Adanya iritasi juga dapat menumbuhkan jerawat. Selain karena produksi keringat yang tinggi, jerawat juga bisa disebabkan oleh tingginya tingkat stress.

Lalu apakah jerawat berbahaya ? Sebenarnya tidak, jerawat memang bukan kondisi medis yang serius, namun kalian yang tidak ingin mendapat gangguan dari jerawat bsia lakukan hal hal berikut ini.


Apa yang harus dilakukan ?

1. Membersihkan wajah dengan teratur

Langkah pertama adalah dengan mencuci wajah dengan sabun, air atau pembersih muka lainnya yang bebas alkohol, setidaknya dua kali dalam sehari. Membersihkan wajah dengan sabun akan membantu mengurangi minyak berlebih serta menghilangkan sel kulit mati.

Sedangkan untuk mencegah jerawat pada anggota tubuh lainnya gunakan body scrub saat mandi guna mencegah timbulnya jerawat di tubuh. Scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati di permukaan kulit dan mempercepat pertumbuhan sel kulit yang baru.

2. Mengoleskan toner ke wajah

Setelah mencuci muka, disarankan untuk mengoleskan toner pada kulit wajah. Karena mencuci muka tidak sepenuhnya membantu mengangkat kotoran di wajah, toner akan melengkapinya dengan membersihkan sisa kotoran masih menempel di wajah. Tak hanya itu, toner juga dapat mengembalikan pH kulit wajah, menurunkan produksi minyak, dan mencegah agar kulit tidak kering.

3. Menggunakan pelembap

Jika dirasa kurang memuaskan, kalian bisa tetap menjaga kelembapan waja dengan menggunakan pelembab. Kulit wajah yang lembab dapat menghambat meningkatnya produksi minyak berlebih. Karena produksi minyak berlebih akan meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat di wajah. Untuk kalian yang punya kulit berjerawat, bisa pilih pelembab wajah yang memiliki label bebas minyak dan juga noncomedogenic.

4. Keramas setiap hari

Tidak penting memiliki rambut pendek ataupun  panjang, yang pasti kalian disarankan untuk keramas setidaknya sekali sehari. Kotoran seperti debu dan minyak yang berasal dari rambut dan kulit kepala dapat berpindah ke wajah, terutama saat sedang banyak berkeringat. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Entah rambut panjang atau pendek, dapat meningkatkan kemunngkinanberjerawat jika tidak dijaga kebersihannya.



5. Kurangi stress

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stress yang berlebihan dapat memicu tumbuhnya jerawat. Sebaiknya lakukan berbagai kegiatan yang bisa mengurangi stress, salah satunya dengan berolah raga secara rutin.

Mungkin banyak yang tidak tahu, namun dengan olahraga teratur seseorang dapat mengurangi stress dan membantu melancarkan aliran darah, sehingga kebutuhan oksigen di seluruh tubuh akan tercukupi.

Untuk pembahasan dan tips lainnya mengenai stress, bisa kalian baca di artikel ini.

Tips ampuh mengatasi stress

6. Mengganti Pisau Cukur

Kenapa ? karena mengganti pisau cukur merupakan hal penting untuk melancarkan proses pencukuran agar tidak membuat kulit wajah iritasi atau lecet. Dengan menggunakan pisau cukur elektrik yang cenderung tidak menyebabkan goresan pada wajah, maka resiko timbulnya jerawat pun akan berkurang.

7. Mandi saat diperlukan

Mandi setelah banyak berkeringat karena berolahraga atau kegiatan lainnya akan sangat membantu. Ini karena pria biasanya menghasilkan keringat yang lebih banyak dibandingkan wanita. Kandungan minyak dan keringat dipermukaan kulit membuat bakteri terjebak dan memunculkan jerawat, yang tidak di wajah saja, melainkan dada, atau punggung atau bagian tubuh lainnya.

8. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Sangat disaran untuk menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringatatau pakaian yang terasa longgar, karena pakaian yang ketat bisa membuat tubuh lebih lembap dan membuat keringat menjadi lebih banyak.


Tips tambahan

Untuk kalian yang sudah terlanjur memiliki jerawat di wajah maupun anggota tubuh lainnya, usahakanlah untuk tidak menyentuh wajah dan area lainnya yang terdapat jerawat. Segala bakteri  yang ada pada tangan karena berbagai interaksi dengan orang ataupun objek lainnya dapat menyebabkan bahkan memperburuk jerawat.

No comments for "Cara Mencegah Dan Mengatasi Jerawat Khususnya Bagi Pria"