Cara Unsend Chat WhatsApp Yang Lewat 20 Menit


Pada kesempatan kali ini akan saya bagikan tutorial tentang Cara Unsend Chat WhatsApp yang sudah lewat 20 menit, yang seharusnya tidak bisa di unsend.


Unsend WhatsApp merupakan fitur andalan di hampir semua aplikasi chatting, dengan adanya fitur ini penggunanya dapat mengurungkan pesan apabila ada kesalahan dalam pesan tersebut. Sesudah di unsend, maka penerima pesan hanya akan melihat keterangan bahwa sebuah pesan sudah ditarik.


Untuk dapat melakukan penarikan pesan atau unsend, maka seseorang harus melakukannya dalam kurun waktu 20 menit setelah pesan tersebut terkirim.


Bagaimana dengan pesan yang terkirim lebih dari 20 menit ?
Normalnya pesan tersebut tidak dapat di unsend, maka dari itu kali ini akan saya bagikan tutorialnya untuk kalian.


Lalu bagaimana caranya agar bisa diunsend atau ditarik ?
Nah dibawah ini akan saya berikan tutorialnya.

1. Cari pesan yang akan di tarik

Sebaiknya kalian pastikan dulu apakah pesan yang ingin kalian tarik sudah melewati 20 menit atau belum. Selain itu pikirkanlagi apakah pesan tersrbut memang harus ditarik atau tidak.


2. Lihat waktu pengiriman pesan

Sesudah menentukan pesan mana yang ingin ditarik, lihat kapan pesan tersebut dikirim, karena detail waktu tersebut akan digunakan untuk menyamakan waktu dengan waktu pengiriman pesan. Caranya kalian tinggal tap n hold pada pesan tersebut, lalu klik info seperti gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas, saya menggunakan pesan "test" sebagai contoh. Yang saya lakukan adalah tap n hold pada pesan tersebut, lalu klik opsi, lalu info
Ini hasilnya :

Seperti yang kalian lihat di atas, pesan yang ingin saya tarik terkirim pada tanggal 27 September 2019 jam 18.35, yang seharusnya pada hari ini tanggal 16 Oktober 2019 sudah tidak bisa ditarik lagi.


3. Buka pengaturan tanggal dan waktu

Sesudah masuk pada pengaturan tanggal dan waktu yang harus kalian lakukan adalah mematikan tanggal dan waktu otomatis. Selanjutnya ubah tanggal dan waktu sesuai dengan kapan pesan yang tadi terkirim. Untuk detailnya lihat gambar di bawah ini :

Pada pengaturan ini sudah saya samakan dengan waku pengiriman pesan yaitu 27 September 2019 jam 18.35.


4. Bersihkan RAM smartphone kalian

Tujuannya adalah untuk menghilangkan Cached Memory yang berisikan pengaturan tanggal dan waktu di smartphone kalian agar proses unsend ini dapat berhasil.


5. Masuk kembali ke aplikasi WhatsApp 

Sesudah kembali masuk ke aplikasi WhatsApp, cari lagi pesan yang tadi ingin ditarik, tap n hold pesan tersebut dan tekan tombol sampah, seperti pada gambar di bawah ini.



Lalu hasilnya kalian akan bisa menghapus pesan yang sudah lama terkirim seperti gambar di bawah ini :

Penjelasan :
Delete For Me : Untuk menghapus pesan agar tidak terlihat pada saat kalian membuka pesan tersebut di smartphone kalian, namun masih ada pada smartphone orang lain.

Delete For Everyone : Untuk menghapus pesan agar benar benar hilang dari riwayat chat smartphone semua orang yang menerima pesan tersebut.


Mudah bukan ? Nah sekarang kalian sudah bisa menghapus atau menarik pesan lama yang kalian kirim di WhatsApp.

No comments for "Cara Unsend Chat WhatsApp Yang Lewat 20 Menit"