Cloudflare : Free SSL Certificates Atau Layanan SSL Gratis


Pengenalan Cloudflare

Cloudflare merupakan salah satu CDN (Content Delivery Network) terbaik dengan fitur yang lebih beragam dibandingkan CDN pada umumnya. Layanan utama dari Cloudflare adalah meningkatkan keamanan bagi website atau blog dari serangan DDoS. 

Cloudflare bertugas sebagai penengah antara domain website dan web hosting (registrar tempat kalian membeli domain dan hosting) dengan cara menyaring trafik dan sekaligus meningkatkan kecepatan loading website. 

Cara kerja Cloudflare tidak jauh berbeda dengan CDN pada umumnya, yaitu dengan cara broadcast konten website seperti gambar, js, css, video, dll ke banyak data center untuk storing konten tersebut. pada saat seorang pengunjung website memuat konten tersebut, maka bukan konten dari server web pusat yang di muat, melainkan konten dari data center terdekat dari lokasi pengunjung. Hal itulah yang membuat loading website menjadi lebih cepat dibanding website yang tidak memakai CDN.



Keuntungan memasang CDN Cloudflare :

1. Dapat memalsukan IP address asli website kalian agar terhindar dari hacker.
2. Membuat cached memory dari website kalian sehingga loading website lebih cepat karena dapat mengurangi beban load server.
3. Jika website kalian mengalami down, CloudFlare akan melayani request website kalian dengan cached data  hingga website kalian kembali normal.
4. Menghindari website down karena serangan DDoS.
5. CloudFlare menyediakan berbagai layanan gratis untuk kalian.
6. Bisa memblokir akses dari area tertentu, untuk menghalau serangan terhadap website kalian.
7. Memberikan layanan SSL gratis, seperti yang saya gunakan di website ini.
8. Dapat mengalihkan atau redirect URL secara otomatis.


Mendaftar Cloudflare

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mendaftar sebagai pengguna. Inilah cara mendaftar Cloudflare :
1. Buka situs Cloudflare di www.cloudflare.com.
Lalu daftar dengan klik "Sign Up"  
 2. Isikan alamat email sekaligus password yang ingin di daftarkan. Pastikan untuk menggunakan email yang digunakan untuk mendaftarkan blog atau hosting website kalian.
3. Lakukan verifikasi akun kalian dengan cara buka email, lalu periksa apakah sudah ada email pemberitahuan dari Cloudflare. Lalu klik "Verify email". Yang harus kalian lakukan adalah mengikuti langkah - langkah verifikasinya, lalu selesai dan akun anda telah aktif.

Sesudah melakukan tahapan sesuai langkah langkah di atas, kalian sudah bisa mulai menggunakan layanan Cloudflare.


Bagaimana cara dapat SSL gratis ?

Untuk kalian yang belum tau apa itu SSL, baca artikel ini terlebih dahulu. 
Beruntungnya, Cloudflare menyediakan layanan SSL gratis untuk kalian yang mendaftar. Tidak perlu takut untuk terkena tagihan biaya diakhir masa penggunaan, karena terdapat pilihan untuk planning secara gratis. Cara mendapatkan SSL gratis :

1. Sesudah melakukan verifikasi email, kalian akan kembali diarahkan ke dashboard kalian. Tekan tombol +Add Site.

2. Kalian masukkan saja domain kalian, tanpa perlu https dan www. Contohnya : findnlearnthings.blogspot.com ( Tanpa WWW dan HTTPS ) lalu Add site.

3. Selanjutnya kalian akan disuguhkan dengan pilihan planning atau perencanaan mengenai biaya layanan. Kalian bisa gunakan yang Free karena dengan itupun fitur atau layanan yang kalian dapatkan sudah sangat bagus. Lalu pilih Confirm plan .

4. Selanjutnya akan muncul semua pengaturan DNS yang sudah ada di domain kalian. Lewati saja dengan menekan Continue.

5. Kalian akan diberikan 2 nameserver dari Cloudflare seperti pada kotak dibawah ini, jangan tutup halaman ini karena masih akan digunakan untuk aktifasi SSL kalian. Salin 2 nameserver tersebut. Lalu buka tab baru pada browser kalian.

6. Setelah membuka tab baru, buka registrar domain kalian untuk merubah nameserver defaultnya menjadi nameserver dari Cloudflare yang tadi, disini saya menggunakan Rumahweb. Buka pengaturan domain kalian, lalu buka tab Namerserver.

7. Sesudah masuk ke tab Nameserver, akan ditampilkan semua nameserver default dari registrar kalian.

8. Sesudah masuk ke tab Nameserver, hapus semua nameserver default dari registrar kalian dan ganti dengan 2 nameserver dari Cloudflare tadi. Seperti dibawah ini, lalu Update Nameservers.

9. Sesudah melakukan Update Nameservers, kembali ke halaman Cloudflare, lalu tekan Re-check now untuk memperbarui dan mengecek status aktivasi SSL kalian. Tunggu saja beberapa saat hingga serer melakukan validasi SSL kalian.

10. Sesudah menunggu beberapa saat, kalian hanya perlu login ke dasboard Cloudflare kalian, dan akan muncul status bahwa SSL kalian sudah aktif, seperti pada gambar di bawah ini.


Nah tadi itu adalah langkah mudah untuk mendapatkan layanan TLS/SSL Certificates secara gratis dari Cloudflare.

No comments for "Cloudflare : Free SSL Certificates Atau Layanan SSL Gratis"