Penyebab Error Yang Biasa Muncul Pada Komputer atau PC

Oh Tidak ! Computer  Saya Sedang Error.png

Error Yang Biasa Muncul Pada Komputer atau PC

Kesalahan atau error pada komputer biasa muncul pada saat yang tidak diharapkan, kesalahan tersebut dapat menyebabkan seluruh sistem tiba-tiba dimatikan (force shutdown), dan bisa juga terjadi secara tidak sengaja karena ada data korup di titik yang biasanya tidak bisa prediksi juga.

Penyebab Error Yang Biasa Muncul Pada Komputer atau PC

Meskipun cenderung tidak dapat dihindari, penting untuk diingat bahwa error pada komputer dapat diatasi. Kuncinya adalah untuk memahami apa dan dimana letak kesalahan komputer, memahami apa yang menjadi penyebab kesalahan tersebut muncul, dan memahami bagaimana meminimalkan terjadinya kesalahan tersebut di masa mendatang.

1. Program Tidak Cocok / Compatible

Pada dasarnya, error pada komputer adalah hasil dari beberapa hal yang mungkin ada hubungannya dengan bagaimana komputer berjalan. Bisa saja error tersebut muncul karena adanya crash program atau adanya system interupt.

Ingat, pada umumnya jika sebuah komputer menjalankan banyak aplikasi atau perintah yang kalian lakukan, komputer tersebut akan berjalan secara normal. Namun pada kondisi tertentu, dapat terjadi error pada saat ada system interupt, atau interupsi pada proses eksekusi perintah.

Salah satu contoh dari jenis error ini adalah ketika pengguna ingin menggunakan software yang sebenarnya tidak bisa dijalankan di PC mereka. Hampir semua software di release dengan menyertakan daftar system requirements yang menentukan kelengkapan apa saja yang harus dimiliki komputer agar software tersebut dapat berfungsi dan berjalan dengan baik. Untuk meminimalkan error seperti ini, selalu pastikan bahwa komputer kalian memenuhi semua persyaratan yang diperlukan.

Bahkan jika PC kalian dipaksa untuk menginstal sotware yang sebenarnya tidak cocok dengan system PC tersebut, softwarenya akan tetap bisa diinstal, namun pastinya akan ada kendala pada saat software tersebut dijalankan.

2. Kapasitas Memory kurang

Ini berlaku untuk memory penyimpanan (storage) dan juga memory RAM. Memori yang tidak mencukupi juka akan menyebabkan error. Itulah sebabnya setiap software diberikan list yang menyertakan persyaratan memori minimum.

Program yang membutuhkan memory 4GB akan memunculkan error pada komputer yang hanya memiliki memori 2GB jika dijalankan secara paksa.

Hal yang sama berlaku untuk storage. Dalam situasi ini, error terjadi ketika sebuah software mencoba mengakses hal-hal dari ruang penyimpanan ( data, folder, musik, dll.) yang mengakiatkan file tersebut tidak dapat ditemukan karena proses pencariannya terbatas.

3. Driver Tidak Cocok

Terkadang, error bisa terjadi karena sistem tidak punya driver yang diperlukan, atau driver yang ada di sistem adalah versi yang salah / tidak up to date. Kedua kesalahan dalam kasus ini dapat diatasi dengan mengecek dan memperbarui software pada komputer secara teratur.

Microsoft sendiri telah menyediakan bagian di situs webnya yang bisa digunakan untuk memperbarui system komputer secara otomatis dan online. Kalian bisa melakukan ini bahkan tanpa biaya sedikitpun.

Usahakan selalu memperbarui software dan driver komputer kalian sehingga suatu program bisa bisa berjalan dengan baik.

4. Hardware Rusak

Ini adalah bagian yang paling merepotkan dan krusial tentang komputer. Jika ada bagian yang rusak pada PC kalian, misalnya pada bagian harddisk(Harddisk Rusak), pastinya kerusakan tersebut akan dapat berimbas pada performa PC. Namun kabar baiknya adalah jika error tersebut terjadi pada PC, mengatasinya dapat dilakukan sendiri dengan mengganti part yang rusak.

Berbeda dengan PC, jika error terjadi pada laptop maka proses maintenance nya akan sedikit lebih sulit. Kenapa ? Karena untuk membongkar laptop dan memperbaiki bagian yang rusak, akan lebih sulit dibandingkan membongkat sebuah PC.

Itu tadi adalah beberapa penyebab munculnya kesalahan atau error yang sering ada pada PC atau komputer, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membaca artikel ini

No comments for "Penyebab Error Yang Biasa Muncul Pada Komputer atau PC"