Penyebab Harddisk Jadi Gampang Rusak

penyebab harddisk gampang rusak

Setelah beberapa saat lalu saya berikan penjelasan tentang Bagian dan Cara Kerja Harddisk, kali ini akan saya bahas apa saja yang dapat membuat Harddisk laptop atau PC kalian jadi gampang rusak.


Penyebab Harddisk Cepat Rusak

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat harddisk kalian cepat rusak.

1. Panas Berlebih (Over Heat)

Sebenarnya ini adalah penyebab yang sangat general, atau umum. Semua peralatan elekronik, yang membutuhkan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya agar dapat beroperasi, punya kemungkinan besar untuk mengalami over heat, atau gampangnya terlalu panas.

Kenapa Harddisk Bisa Overheat ?

Agar sebuah peralatan elektronik dapat bekerja, maka alat tersebut harus dialiri listrik, namun ada efek samping yang akan terjadi pada logam yang ada di peralatan elektronik tersebut (komponen yang dialiri listrik) yaitu perubahan energi listrik menjadi panas (kalor).

Jangan salah, perubahan energy yang berlebihan tersebut bisa menurunkan kinerja atau performa sebuah peralatan elektronik, dan bahkan berpotensi merusak komponen yang ada didalamnya.

Penyebab sebuah Harddisk yang mengalami overheat adalah karena harddisk tersebut digunakan untuk menjalankan proses yang berat, seperti :
Render Video
Gaming


2. Harddisk Drive Sudah Usang

Setiap alat pasti ada masanya usang, bahkan harddisk sekalipun, saat komputer dirasa sering blueescreen, lag, atau lelet dan kalian sudah melakukan install ulang sistem operasi namun masalah tersebut masih belum teratasi, bisa jadi itu adalah saat dimana kalian harus mengganti harddisk kalian.

Hal itu bisa dilakukan untuk antisipasi agar kalian tidak kehilangan data karena pada saat yang tidak menentu, harddisk kalian akan rusak dan tidak akan berfungsi lagi.


3. Terjatuh Atau Terbentur

Seperti namanya, harddisk merupakan peralatan yang komponen utamanya berbentuk, atau punya bentuk fisik. Jadi jika bentuk fisik tersebut mengalami benturan yang tidak seharusnya terjadi, maka aka nada kemungkinan besar bahwa harddisk kalian akan rusak.


4. Terlalu Sering Force Shutdown

Kadang laptop atau PC dengan spesifikasi yang bagus sekalipun akan mengalami yang namanya lag, freeze, atau hang. Itu adalah kondisi dimana laptop atau PC kalian akan tiba tiba berhenti berfungsi namun tidak mati. Sistem masih berjalan namun tidak dapat digunakan untuk melakukan apapun. Memang salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan force shutdown agar device tersebut melakukan restart secara paksa agar dapat digunakan kembali.

Namun kalian harus berhati hati, jika kalian terlalu sering melakukannya, maka itu juga bisa memperbesar kemungkinan bahwa harddisk kalian akan ikut rusak.

Lalu Bagaimana Cara Menghindari Force Shutdown ?

Jika laptop atau PC kalian sering ngehang, atau freeze, pasti ada yang salah dengan laptop atau PC kalian, solusinya adalah bawalah ke tempat service laptop. Tujuannya adalah agar bagian yang mengalami error dapat segera diperbaiki. Dengan melakukan hal itu, maka akan semakin kecil pula kemungkinan harddisk kalian akan rusak karena terlalu sering mengalami force shutdown.


Nah itu tadi adalah beberapa penyebab yang dapat membuat harddisk cepat rusak, rawatlah komponen PC kalian agar PC tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

No comments for "Penyebab Harddisk Jadi Gampang Rusak"