Pengertian Serta Penjelasan Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

Pada artikel kali ini kita akan membahas artikel yang bertemakan pengetahuan, yaitu tentang Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global.

Setelah beberapa artikel saya buat dengan tema yang selalu mengarah pada sumber kesedihan kita semua sekarang, yaitu corona (COVID-19), kali ini saya akan memberikan penyegaran yang berisikan edukasi.

Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

Keberadaan efek rumah kaca dan pemanasan global memang sesuatu yang identik, yang sangat sulit dipisahkan namun sebenarnya berbeda. Namun kenapa tiap mendengarnya yang terlintas dipikiran kita adalah hal yang buruk ?
Apa itu efek rumah kaca dan pemanasan global ? Apa perbedaan antara efek rumah kaca dan pemanasan global ? apa pengaruh keduanya ?
Mari kita bahas.

Apa itu Efek Rumah Kaca?

Buat kalian yang belum tau, Efek Rumah Kaca atau yang disebut Greenhouse Effect adalah sebuah kondisi atau proses dalam pemanasan permukaan benda benda langit, yang termasuk namun tidak terbatas pada planet, satelit, dll.

Pemanasan tersebut bisa dikarenakan adanya aktivitas yang ada di planet itu sendiri seperti pembakaran hutan oleh manusia tidak ada akhlak, maupun karena pengaruh dari benda langit yang lain, contohnya adalah pemanasan dari matahari yang mengantarkan sinar UV pada bumi, yang tersaring oleh atmosfer kita dan terjadilah efek rumah kaca alami.

Selain efek rumah kaca, ada istilah lain yang banyak ditanyakan orang, yaitu Gas Rumah Kaca. Gas rumah kaca adalah gas yang menjadi salah satu penyebab munculnya efek rumah kaca. Gas tersebut sebenarnya ada karena proses alami, namun sering diperparah dengan kelakuan manusia. Gas tersebut pada umumnya ada dari proses penguapan air laut, danau, dll yang menuju ke atas dan mencapai atmosfer.

Apa itu Pemanasan Global ?

Punya sedikit persamaan dengan Efek rumah kaca, Pemanasan global atau yang sering disebut Global Warming adalah sebuah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. (Wikipedia)

Memang keduanya punya ciri khas yang identik, namun sebenarnya berbeda sekali. Jika Efek rumah kaca adalah akibat dari menumpuknya gas rumah kaca di atmosfer, pemanasan global adalah akibat dari adanya proses efek rumah kaca.

Memang benar bahwa peningkatan suhu ini bisa dibilang tidak terlalu terasa secara signifikan, namun untuk jangka panjang yang tepatnya belasan tahun ke depan, perbedaan nya akan terlihat dengan jelas, seperti peningkatan tinggi air laut, jalur perairan baru di kutub utara dan selatan, cuaca yang extream, dll.


Penyebab terjadinya pemanasan global
  1. Efek Rumah Kaca
  2. Efek Umpan Balik
  3. Variasi Matahari
  4. Pembakaran Secara Luas
  5. Penggunaan Energi Tidak Efisien
  6. Terlalu Banyak Asap Yang Mengudara


Dampak negatif (kerugian) dari Efek Rumah Kaca atau Pemanasan Global adalah:

  1. Melelehnya lapisan es di kutub utara dan selatan 
  2. Naiknya permukaan air laut
  3. Potensi kebakaran hutan tinggi
  4. Kekeringan berlebihan
  5. Penyakit tropis mudah menyebar

Dampak positif (keuntungan) Efek Rumah Kaca atau Pemanasan Global   :

  1. Jalur pelayaran baru (kutub utara dan selatan)
  2. Waktu tanam yang lebih lama



Tapi dibalik akibat buruk tersebut, masih ada hal positif atau kebaikan yang bisa diambil dari Efek Rumah Kaca, yaitu dengan adanya efek tersebut, maka sinar UV (Ultra Violet) yang dipancarkan oleh matahari akan terserap dan tersaring dulu, baru sampai di bumi.

No comments for "Pengertian Serta Penjelasan Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global"