Tips Untuk Update SEO terbaru 2020 (Updated)




Pada kesempatan kali ini, akan saya beritahukan tentang update atau pembaruan SEO terbaru yang diperbarui pada tahun 2020. Setelah beberapa waktu lalu Google memberikan bocoran tentang perubahan SEO nya, saat ini kebijakan tersebut sudah diberlakukan.

Sebelum membahas lebih lanjut, bagi yang belum tau, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah serangkaian proses yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan trafik kunjungan atau menempatkan suatu website pada halaman pertama dari hasil pencarian. Serangkaian proses ini dilakukan dengan memanfaatkan mekanisme suatu algoritma pencarian, misalnya adalah algoritma pencarian Google. Jika sudah mengerti apa itu SEO, kita kembali ke pembahasan.



Selain perubahan pada SEO, salah satu perubahan yang nampak saat ini adalah munculnya iklan Google pada bagian atas hasil pencarian.

Ini adalah contoh munculnya iklan pada bagian atas hasil pencarian.

"Memangnya kenapa ? saya tidak masalah dengan munculnya iklan di hasil pencarian saya."
Memang, tidak ada pengaruh yang signifikan bagi orang yang mencari suatu informasi, namun akan begitu terasa pada pihak yang menyebarkan atau memberikan informasi. Karena dengan adanya iklan ini akan menggeser beberapa post yang seharusnya ada dibagian atas. Lalu apa ? yang akan terjadi adalah semakin sulitnya persaingan untuk berada di page one hasil pencarian Google.

Selain itu, pada update ini, Google menambahkan atau meningkatkan kinerja mesin pencarinya, yaitu dengan menyediakan sebagian besar jawaban dari hasil pencarian.

Ini adalah contoh disediakannya jawaban langsung oleh Search Engine Google dengan sumber tertentu.
Lalu bagaimana cara agar website kita bisa bertahan atau survive pada SEO terbaru ini ? Berikut saya berikan sedikit tips untuk kalian praktikkan.

1. Gunakan long-tail keyword
Long-tail keyword adalah keyword dengan perpanjangan, salah satu contohnya adalah keyword 'membeli domain' disini bisa kita perpanjang menjadi ' cara membeli domain murah 2020'. Salah satu alasan disarankannya penggunaan long-tail keyword adalah algoritma pencarian cenderung akan menampilkan hasil terbaik dari keyword yang dicari, dan terkadang informasi yang dikandungnya masih tidak cukup relevan dengan pertanyaan yang dicari atau mungkin akan lebih kompleks lagi. Maka dari itu, pencari akan memperpanjang keyword pencariannya agar bisa menemukan hasil yang lebih spesifik.

2. Minimalisir konten yang bertemakan kesehatan
Alasannya adalah pada update kali ini, Search Engine Google sudah semakin pintar dalam mengoleh dan menyaring informasi yang akan ditampilkan pada hasil pencarian. Dan hingga saat ini, kategori atau niche yang paling membutuhkan relevansi. Maksudnya, website-website yang menyuguhkan informasi tentang kesehatan haruslah memiliki sumber atau perujuk yang dapat dipercaya, misalnya saran yang diberikan oleh dokter terpercaya atau orang yang ahli dalam bidang tersebut.

3. Performansi Website atau blog harus baik.
Bagaimana maksudnya ? maksudnya adalah kinerja dari suatu website haruslah baik, dari sisi tapilan maupun kualitas konten yang diberikan. Karena sumber trafik yang baik adalah subscriber atau orang-orang yang memang suka dengan konten suatu website, dan menjadi pembaca loyal.



4. Gunakan Jasa SEO 
Memang cara ini sebenarnya tidak perlu dibahas lagi, karena ini memanglah cara yang instan untuk melakukan adaptasi dengan update SEO yang berubah-ubah. Namun tidak ada salahnya dicoba jika memang tidak memungkinkan untuk dilakukan sendiri.

5. Persiapan dengan Voice Search
Pada perkembangan pencarian Google, saat ini ada fitur yang meggunakan deteksi suara sebagai input dari suatu pencarian. Jadi, untuk mengantisipasinya gunakan keyword long-tail dan usahakan menggunakan kata-kata yang sekiranya mudah dicari dengan menggunakan Voice Search, walaupun tidak terlalu banyak penggunaannya, Voice Search tidak bisa dianggap enteng, karena penggunaan fitur ini memang terbukti memudahkan pencarian walaupun tidak semua orang menggunakannya.

6. Pahami Pembaca Konten
Yang dimaksud disini adalah apakah yang membuat pembaca tetap betah mencari informasi dari website kalian, apakah karena tampilan, jenis tulisan, penyertaan gambar, dll. Hal ini bisa ditinjau dari komentar yang diberikan para pembaca, semisal ada keluhan bahwa ukuran font terlalu kecil, jadi menyulitkan pembaca, nah inilah yang harus diperbaiki.


Nah mudah bukan, sebenarnya masih ada beberapa saran lagi, namun untuk kali ini kita sudahi dulu, dan akan dibahas pada artikel selanjutnya jika memungkinkan.



No comments for "Tips Untuk Update SEO terbaru 2020 (Updated)"