Metode SQ3R Memudahkan Membaca dan Memahami Materi


Pada kesempatan kali ini akan saya berikan tips untuk kalian yang memiliki kesulitan dalam hal membaca dan memahami suatu bacaan yang panjang dan berkelanjutan.

Ada kalanya saat kalian sedang membaca buku atau materi dengan banyak kalimat dan paragraph, mata kalian akan terasa mudah lelah dan menjadi malas untuk melanjutkan membaca karena kesulitan untuk memahami apa yang terkandung dalam bacaan tersebut.

Untuk mengatasinya, maka saat ini sudah ada model membaca atau pembelajaran yang menerapkan metode SQ3R. Metode ini adalah metode membaca yang terbilang sangat efisien karena dengan menggunakan ini, pembaca akan menjadi mudah untuk menemukan kata kunci dan inti dari sebuah paragraph.

Berikut ini adalah metode SQ3R lengkap dengan pembahasannya :
  • S (Survey)
Yang pertama adalah survey. Tahap ini dilakukan dengan cara mencari header atau sub-bab untuk menemukan poin poin pentingnya. Selain pada sub bab dan header, kalian bisa mencarinya di bagian akhir, karena pada bagian akhir biasanya terkandung kesimpulan tentang topik yang dibahas. Tujuannya adalah untuk membantu kalian mengumpulkan ide ide penting saat membaca paragraph yang panjang.

  • Q (Question)
Yang kedua adalah Question. Tentukan beberapa pertanyaan terkait ide ide yang kalian temukan pada tahap Survey diatas. Tujuannya adalah untuk membantu kalian memahami ide ide dengan baik dan menentukan ide mana saja yang membutuhkan penjelasan tambahan.

  • R (Read)
Sesudah melakukan dua tahapan di atas, yang harus dilakukan adalah membaca bab atau bagian yang berisikan penjelasan dari pertanyaan yang sudah kalian tentukan sebelumnya.  Tujuannya adalah kalian akan terfokus untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya tanpa perlu membaca hal hal yang sebenarnya tidak perlu kalian baca.

  • R (recite)
Tahap keempat adalah Recite. Setelah menemukan jawaban yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menandai dan menulis jawaban dengan kalimat dan bahasa kalian sendiri.  Tujuannya adalah kalian tidak perlu kembali mencarinya pada saat kalian lupa jawabannya. Sedangkan tujuan dari menulisnya dengan bahasa kalian sendiri adalah untuk membantu kalian memahami atau setidaknya menghafalkan hal hal yang penting. Ini bisa terjadi karena otak kita cenderung akan lebih mudah mengingat apa yang biasa kita ucapkan dibandingkan sesuatu yang terasa asing untuk otak.

  • R (review)
Tahapan terakhir adalah dengan melakukan review. Review ini dilakukan dengan membaca kembali poin poin penting yang sudah didapatkan secara berulang ulang . Tujuannya adalah untuk membantu kalian menghafalkan poin tersebut. Ini akan sangat membantu kalian yang memang memiliki kekurangan dan kesulitan dalam hal memahami hal yang cukup rumit dan menguras kapasitas otak.

Nah itu tadi adalah tips yang perlu kalian terapkan jika kalian memiliki kesulitan dalam hal membaca dan memahami paragraf yang panjang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kalian atau orang lain yang sekiranya membutuhkan.

No comments for "Metode SQ3R Memudahkan Membaca dan Memahami Materi"