Tips Naik Gunung Untuk Pemula

Image by Pixabay

FindnLearnThings - Banyak hal hal yang ahrus kalian persiapkan untuk mendaki atau naik gunung. Akan saya berikan tips dan persiapan apa saja yang harus kalian sediakan untuk memulainya dengan baik.

Kegiatan mendaki memang sangat populer di beberapa tahun ini, terutama pada tahun 2018. Banyak pengguna sosial media yang menggunakannya untuk menaikkan popularitasnya melalui kegiatan ini dengan mem-posting foto mereka pada saat mendaki gunung.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan pertimbangkan, seperti larangan, anjuran, dan penjagaan kalian terhadap keselamatan kalian hingga berhasil untuk kembali menuruni suatu gunung.

Banyaknya larangan dan anjuran tersebut tentunya juga demi kebaikan kalian, para hikers sendiri. Mari kita bahas satu persatu anjuran dan larangan tersebut.

Perhatikan Larangan

Ada banyak larangan yang berbeda pada tiap gunng yang diperbolehkan untuk didaki. Larangan ini punya beragam latar yang berbeda, bisa saja karena alasan keamanan, larangan dari mitos, dan lain sebagainya.
1. Jangan sembarangan main api.
Adanya larangan untuk membuat perapian dengan sembarangan bisa menyebabkan kebakaran, terutama jika pada musim panas dengan kondisi tanaman yang ada di pegunungan adalah kering.

2. Merusak tanaman.
Adanya peringatan untuk tidak merusak tanaman yang ada digunung sebenarnya harusnya sudah tertanam sebagai mindset pada semua orang. Ini juga berlaku digunung, karena biasanya di gunung ada tanaman yang dilindungi. Selain karena bisa terkena pasal, tanaman yang dirusak dikhawatirkan punya manfaat besar bagi ekosistem gunung tersebut.

3. Jangan buang sampah sembarangan.
Ini juga sudah merupakan hal yang harus ditanamkan sebagai kesadaran pada diri setiap orang.

4. Jangan lewati batas pendakian.
Dibuatnya batas pendakian biasanya dikarenakan adanya faktor yang bisa membuat susah orang orang yang melewati batas tersebut seperti rawan longsor, dll. Bisa juga karena ada alasan lain, misalnya ada tempat yang tidak boleh dijamah karena alasan kepercayaan warga setempat.

5. Pemula dilarang mendaki gunung tanpa guide.
Pemula yang belum terbiasa atau berpengalaman untuk naik gunung sebaiknya tidak mendaki sendirian. Dikarenakan ada banyak hal yang biasanya belum mereka tau, bisa juga karena mereka belum bisa untuk melakukan set up logistik, memasang tenda misalnya.

Anjuran yang sebaiknya dilakukan

Anjuran ini sebenarnya tidaklah wajib, namun perlu dipertimbangkan demi kelancaran dan keamanan perjalanan kalian. Berikut pembahasannya.
1. Ajak guide atau teman yang sudah pernah mendaki gunung tujuan.
Kenapa ? karena mereka biasanya sudah tau dan memiliki pengalaman naik gunung tersebut. Pengalaman tersebut tidak bisa didapatkan dengan hanya satu atau dua kali naik gunung, melainkan karena sudah sering melakukannya. Mereka lebih tau apa yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

2. Pastikan semua persiapan terpenuhi.
Persiapan yang dimaksud bukan hanya persiapan logistik( tenda, makanan, minuman, dll). Namun lebih ke arah kesiapan mental dan jasmani( fisik ). Untuk kesiapan mental, pastikan kalian tidak terlalu menanggung stress. Memang benar jika naik gunung biasa digunakan untuk mengatasi permasalahan mental seseorang, stress misalnya. Namun jika kalian mengalami stress berat, sebaiknya urungkan niat kalian untuk mendaki gunung. Karena gunung bukan hanya tempat yang indah dan menyenangkan, tapi juga tempat yang berbahaya.

Untuk kesiapan fisik, kalian mesti pastikan bahwa kalian merasa sehat dan bugar. Ini diperlukan karena untuk mendaki, kalian akan membutuhkan tenaga dan tubuh yang fit. Kalian hanya akan memberikan beban tambahan pada tubuh kalian jika kalian mendaki dalam keadaan sakit. Salah satu solusi untuk kalian yang merasa tidak terlalu bugar atau yang memang memiliki fisik yang tidak kuat adalah dengan menyewa jasa dari porter. Porter adalah orang orang yang menawarkan jasa untuk membawakan barang barang para pendaki yang memiliki berbagai kesulitan, tenaga dan stamina misalnya.

3.Patuhi normal dari warga setempat 
Norma yang ada pada warga setempat biasanya tidak jauh dari mitos dan kepercayaan yang ada. Misalnya tidak boleh buang hajat sembarangan, hal tersebut memang termasuk hal yang manusiawi.Namun pada saat melakukannya di gunung kalian sebaiknya melakukannya dengan tetap menggunakan etika.

Nah itu tadi adalah sebagian dari berbagai macam hal yang perlu diperhatikan buat kalian yang pemula dalam bidang ini. Masih banyak lagi hal hal mengenai gunung yang perlu kalian ketahui juga. Semoga tips ini bisa bermanfaat demi keamanan dan keselamatan semuanya.


No comments for "Tips Naik Gunung Untuk Pemula"