Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Website atau Blog


Menghasilkan uang dari website atau blog ? Apa bisa ? Tentu bisa, dan tentunya dengan cara yang bisa dibilang mudah, yaitu dengan melakukan periklanan di web atau blog kita. Periklanan yang saya maksud disini adalah kita menampilkan iklan yang disediakan dengan pendapatan yang tidak menentu, bisa tergantung jumlah penayangan maupun jumlah klik pada iklan yang kita pasang. Lalu apakah membutuhkan modal ? tergantung. Kenapa jawabannya tergantung? karena dalam bisnis penayangan iklan tersebut bisa kita tentukan target pendapatan kita.

Disini penentuan pendapatan berdasarkan target saya kelompokkan menjadi dua,yaitu pendapatan utama dan pendapatan tambahan(sampingan). Pendapatan utama adalah jika kita memang serius di dunia blog atau website dan sudah menekuninya, maka kita dapat menghasilkan banyak uang dari website kita yang, jadi pada website ini kita membutuhkan layanan tambahan seperti pembelian domain dan juga hosting misalnya, nah dari hal tersebut kita dibilang membutuhkan modal. Sedangkan pemasukan tambahan adalah pemasukan dari website yang tidak terlalu signifikan, dan cenderung tidak membutuhkan modal.


Mendaftar Sebagai Pengiklan

Lalu bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan mendaftar ke website yang menyediakan jaringan periklanan. Beberapa contoh dari jaringan periklanan tersebut adalah Google Adsense, Adnow, RevenueHits, payclick, dan masih banyak lagi.

Lalu mana yang terbaik ? Menurut saya tidak ada kata terbaik dalam aspek ini, karena perhitungan keuntungan yang bisa kita dapatkan tidak sama, contohnya adalah pendapatan per klik iklan(PPC), pendapatan per penayangan iklan (CPM) dan lain lain. Namun, menurut pendapat dari orang orang yang pernah menggunakannya, Google Adsense adalah penyedia iklan yang menghasilkan keuntungan paling besar, dengan CPM dan PPC yang relatif tinggi. Penyedia iklan yang lainnya pun tidak terlalu buruk, walaupun tidak sebanding dengan Google Adsense(GA). Itu dikarenakan setiap jaringan periklanan memiliki kelebihan masing masing, seperti pendaftaran yang mudah, minimum angka payout yang rendah, dan lain lain. Dibawah ini adalah contoh iklan dari Google Adsense yang bisa dibilang menarik dan cukup relevan dengan niche blog.






Namun dengan angka pendapatan yang tinggi, tidak serta merta membuat Google Adsense digunakan oleh semua pemilik website untuk memonetisasi website atau blognya. Karena dibalik besarnya biaya pendapatan yang didapat, proses pendaftaran website agar bisa diterima sebagai publisher Google Adsense tidaklah mudah, dikarenakan proses seleksi yang ketat. Maka dari itu banyak publisher yang ditolak oleh Google Adsense dan memilih untuk menggunakan jaringan yang lain dengan proses pendaftaran yang lebih mudah. Sulitnya lagi, masih belum ada pernyataan resmi dari GA tentang persyaratan agar bisa diterima sebagai publisher Google Adsense.

Berikut ini adalah contoh penolakan dari Google Adsense yang diberitahukan melalui email.
Nah, pada postingan selanjutnya akan saya beritahu apa yang bisa kita lakukan jika pengajuan kita ditolak atau tidak kunjung diterima oleh Google Adsense.

Baca ini :

Dari Mana Sumber Penghasilan Blog?

1. Pendapatan dari Iklan
Salah satu sumber penghasilan dari blog umumnya didapat dari iklan yang terpasang di blog. Prinsipnya dan cara kerjanya sama dengan TV yang menayangkan iklan sebagai jeda menampilkan acara.

Semakin tinggi jumlah kunjungan atau traffic suatu blog, maka semakin tinggi pula pendapatan dari iklan di blog tersebut. Salah satu contoh untuk mendapatkan uang dari iklan adalah dengan memasang iklan Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog Anda.


2. Pendapatan dari Afiliasi
Afiliasi yang ada di dunia blogging sebenarnya hampir sama dengan pemasangan iklan, namun perbedaannya adalah mitranya akan mendapat komisi dari penjualan sesuai kesepakatan antara pemasang dengan pemilik produk.

Caranya adalah dengan dengan menjadikan sebuah konten sebagai rekomendasi untuk mengarahkan pembaca atau membeli untuk menggunakan, melihat, atau bahkan membeli produk yang ditawarkan di website lain. Jika beruntung akan seseorang yang mengikuti link yang dijadikan refferal dan melakukan pembelian atau penggunaan produk tersebut.


3. Recurring Income atau langganan
Yang dimaksud dari recurring income adalah mendapatkan uang dengan cara menerapkan sistem keanggotaan atau loyalty program. Yang artinya untuk pelanggan atau member tertentu, akan memiliki akses untuk konten atau fitur premium yang tidak akan dapat diakses oleh pengunjung yang tidak berlangganan.


4. Menawarkan jasa atau layanan
Selain dengan memasang iklan, blog pun bisa digunakan untuk mempromosikan dan menawarkan jasa dan layanan. Jasa atau layanan tersebut bisa dari pemilik blog atau pihak lainnya . Contohnya adalah jasa pelatihan, penulisan, desain dan layanan lain yang bersifat freelance.


No comments for "Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Website atau Blog"