Berbagai Macam Cara Pembuatan Kopi Agar Terasa Nikmat


Mungkin banyak dari kalian yang belum tau kalau cara pembuatan kopi sebenarnya sangay beragam. Bahkan para pennikmat kopi sekalipun terkadang tidak tau bagaimana kopi yang mereka minum dibuat dengan cara apa.

Nah berikut ini akan saya berikan beberapa cara pembuatan kopi yang membuat penikmatnya merasakan enaknya meminum kopi.

1. Drip Method

Photo via : Flickr By : Cheryl
Drip Method atau kopi tetes biasa disebut juga dengan sebutan Filter Method. Sampai saat ini, drip method masih menjadi cara pembuatan kopi yang paling populer. Alasannya adalah karena kesederhanaan dan tingkat efisiensinya.

Cara pembuatan :

Air dituangkan ke kopi bubuk yang sudah diletakkan di kertas saring, di atas bejana kopi. Untuk penyeduhannya, cukup dengan memanaskan bejana kopi tersebut hingga kopi siap disajikan. Metode ini sangat menarik dan banyak digemari karena hasilnya yang sangat lembut namun kaya akan rasa.




Turkish Coffee yang disebut juga Arab Method merupakan cara pembuatan kopi pertama kali. Metode ini menghasilkan kopi dengan rasa yang kuat dan pekat. Bisa dipastikan bahwa tidak semua orang akan menyukai kopi ini karena rasanya yang kuat. Buat kalian yang penasaran dan ingin mencicipinya, kalian bisa dicari di Jakarta, disana ada banyak cafe yang menyajikan kopi Turki ini.

Cara pembuatan :

Awalnya kopi digiling secara tradisional dengan memakai lesung dan alu, namun sekarang sudah bisa menggunakan alat penggiling kopi, yaitu kahve değirmeni. Lalu kopi yang sudah digiling diletakkan di sebuah bejana dan dicampur dengan gula dan air dingin. Kemudian campuran ini akan dipanaskan higga mendidih dan dituang ke dalam cangkir untuk disajikan.


3. Espresso
Photo by Chevanon Photography from Pexels
Kalian para penikmat kopi pasti tau kopi yang satu ini. Kopi ini adalah kopi yang dibuat dengan mesin. Mesin ini adalah mesin kopi yang sangat umum di kedai kopi atau di cafe. Mesin espresso ada dua jenis, yaitu manual dan otomatis.

Pada kebanyakan kedai kopi atau cafe, biasanya mereka menggunakan mesin espresso yang manual. Sedangkan untuk penikmat kopi di rumah kebanyakan orang akan lebih memilih mesin espresso otomatis, karena dinilai lebih praktis. Namun banyak juga yang menggunakan mesin espresso manual karena mementingkan estetika saat menikmati sebuah kopi.

Baca juga :

4. Vacuum Coffee Pot
Photo by: Janne Moren via: Flickr
Metode ini juga disebut dengan siphon. Cara kerja alat ini sangat lambat dan prosesnyapun bisa dibilang cukup unik dan termasuk metode penyajian kopi paling tua.

Banyak yang berkata bahwa siphon muncul pertama kali di negara Jerman sekitar tahun 1830. Namun untuk hak paten pertama mesin ini justru dimiliki oleh seorang perempuan berkebangsaan Perancis yang bernama Jeanne Richard.

Sejak pertama kali ditemukan atau dipatenkan, syphon tidak mengalami perubahan desain bentuk yang terlalu signifikan. Dengan kata lain, siphon yang biasa ditemukan saat ini tidak jauh berbeda dengan siphon pada abad 19 dulu.

Cara pembuatan :

Panaskan air hingga mendidih dalam sebuah teko gelas. Letakkan bejana atau gelas yang berisi kopi bubuk di atas teko tersebut. Tunggu dan diamkan hingga air yang sudah panas akan naik ke bejana gelas yang berisi kopi bubuk dengan sendirinya. Aduk sebentar kira-kira satu menit hingga tercampur secara merata. Kopi tersebut telah siap disajikan namun masih terdapat ampas kopi. Buat kalian yang tidak suka meminum kopi dengan ampas, kalian bisa menghilangkan ampas tersebut dengan kertas penyaring.


5. Neapolitan Flip

Disebut juga Reversible Drip Pot. Seperti yang kalian lihat, secara normal alat ini terlihat seperti dua cangkir kopi yang saling bertumpuk. Sebenarnya metode ini tidak hanya menggunakan dua cangkir yang ditumpuk dengan arah yang berlawanan, namun juga menggunakan alat penyaring diantara dua gelas cangkir tersebut.

Cara pembuatan :

Alat penyaring yang berada diantara dua gelas cangkir tersebut diisi kopi bubuk. Cangkir yang bawah diisi dengan air lalu dipanaskan hingga mendidih. Kemudian alat ini dibalik, dari yang posisi cangkir yang berisi air panas berada dibawah, menjadi berada diatas. Kemudian air yang sudah panas akan mengalir kebawah melalui saringan dan kopi bubuk, lalu berakhir di cangkir kopi bagian bawah dan kopi siap dihidangkan.


6. Kopi Instan

Siapa sih yang masih belum tau kopi instan ? Kopi instan merupakan kopi yang sudah dibuat dan ditakar segala sesuatunya oleh pabrik. Kopi ini banyak beredar di sebuah warung makan dan juga warung yang ada dipinggir jalan. Tidak jarang ada kedai kopi yang memberikan menu untuk kopi instan ini.

Cara pembuatan :

Masukkan bubuk kopi insan, tambahkan air mendidih, aduk dan hidangkan. Selesai. Tidak ada cara dan teknik khusus dalam pembuatan dan penyajiannya. Karena itulah kopi ini dinamakan kopi instan.


No comments for "Berbagai Macam Cara Pembuatan Kopi Agar Terasa Nikmat"