Tips Jitu Untuk Menghindari Revisi Laporan Tugas Akhir Buat Mahasiswa


Perjalanan panjang dalam dunia perkuliahan akan berakhir dengan datangnya Tugas Akhir. Meskipun sudah bisa dibilang akan lulus dalam waktu dekat, justru Tugas Akhir inilah yang sering dinilai jadi penghambat kelulusan mahasiswa/i.

Kenapa ? karena pada saat pembuatan dan penulisannya sering terdapat kesalahan yang sepele namun besar efeknya untuk kelancaran penulisan Tugas Akhir.

Berikut adalah pentingnya penulisan Laporan Tugas Akhir yang baik 

- Syarat kelulusan
Tidak bisa dipungkiri bahwa syarat kelulusan mahasiswa adalah menulis Laporan Tugas Akhir yang baik. Ini bertujuan untuk menghindari revisi berkali kali yang disebabkan oleh kesalahan penulisan Laporan.

- Menentukan Kualitas
Selain untuk syarat kelulusan, kualitas dari sebuah Tugas Akhir bisa mencerminkan seberapa baik dan sukses sebuah kampus untuk mendidik serta menghasilkan mahasiswa/i yang kompeten.

- Membantu melanjutkan S2 dan S3
Selain dibuatnya Laporan Tugas Akhir, akan dibutuhkan juga untuk membuat paper. Paper dan Laporan ini digunakan untuk membantu kalian untuk melanjutkan perkuliahan di jenjang yang lebih tinggi seperti S2 dan S3, khususnya diluar negeri.

Hasil penulisan Tugas Akhir bisa dibilang sama pentingnya dengan menggunakan topik menarik dan berbobot. Karena sebelum penilai atau membaca sebuah Lapora Tugas Akhir, hal pertama yang mereka perhatikan adalah seberapa rapi dan tepat penulisan Laporan yang sesuai dengan format dan ketentuan. Jika mereka menemukan kesalahan pada saat membaca bagian awal sebuah Lapora, bisa jadi kalian akan mendapatkan impresi atau bahkan nilai yang buruk. Parahnya lagi tidak jarang ada penilai atau pembaca yang batal membaca sebuah Laporan karena sudah menemukan banyak kesalahan penulisan di bagian awal Laporan.






Kesalahan yang sering ditemukan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir

- Terlalu mempermasalahkan isi
Sebenarnya memang bagus untuk berhati hati dalam pemilihan dan penulisan kata. Namun akan lebih baik lagi jika kalian mulai dengan mencoba untuk menulis dengan acak. Disini bisa membantu kalian untuk menemukan kata kata tepat yang bisa digunakan.

- Pemilihan kata yang kurang tepat
Tidak hanya tata bahasa, kesalahan ini juga meliputi penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang kurang tepat.

- Penggunaan kalimat inversi
Kalimat Inversi adalah model kalimat yang biasa digunakan oleh dongeng. Dimana penempatan subjek berada di tengah atau akhir kalimat. Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir, tidak dibenarkan adanya penggunaan kalimat inversi.

- Salah menuliskan persamaan
Penempatan persamaan haruslah berada di tengah atau akhir paragraf. Variabel yang digunakan dalam persamaan dideskripsikan dan dijelaskan dalam model paragraf dan ditulis secara italic (miring). Penulisan variabel tidak boleh dalam bentuk poin poin.

Hal hal yang diperhatikan penilai dan pembaca

- Efisiensi kalimat
Pentingnya penggunaan kalimat yang efektif adalah untuk menghindari adanya kalimat yang berbelit - belit atau wordy.

- Plagiatisme
Jika yang membaca Laporan kalian adalah penilai atau dosen penguji, maka akan cenderung diperiksa apakah Laporan tersebut terindikasi sebagai plagiat atau tidak.

- Pembuatan abstrak dan latar belakang
Penulisan abstrak dan latar belakang bisa dinilai apakah suatu laporan layak untuk dibaca atau tidak. Penggunanaan latar belakang sebaiknya sesuai dan memberikan suatu alasan yang masuk akal dari dipilih dan dibuatnya Tugas Akhir tersebut.

- Penyajian kesimpulan
Pemberian kesimpulan dari suatu Laporan Tugas Akhir sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan agar kesimpulan yang diberikan sesuai dengan topik yang dinagkat dalam pembuatan Tugas Akhir.

No comments for "Tips Jitu Untuk Menghindari Revisi Laporan Tugas Akhir Buat Mahasiswa"