Kelebihan Dan Kekurangan Dari Blogger Dan Wordpress



Bingung memilih Blogger atau WordPress ? Kira kira pilihan mana yang cocok untuk kita gunakan dalam membuat blog atau website baru? Tentunya akan timbul pertanyaan ini ketika seseorang akan membuat blog, terutama pada blogger pemula yang belum mengerti perbedaan diantara keduanya, lalu mencari ke berbagai website untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Nah, pada postingan kali ini akan kita bahas keduanya. Mulai dari penjelasan, kelebihan hingga kekurangannya, agar kamu tidak lagi bingung ingin menggunakan yang mana untuk membuat website sendiri.

1. Blogger(blogspot)



Apa itu blogger ?
Blogger adalah website layanan publikasi blog yang awalnya dibuat oleh Pyra Labs , namun menjadi milik Google. Blogger sendiri diketahui sudah menjadi milik Google sejak tahun 2003. Sejak kepemilikannya berpindah tangan kepada Google, Blogger sendiri juga mengalami beberapa peningkatan atau pembaruan, misalnya servernya yang dipindahkan ke server milik Google, diintegrasikan dengan Picasa sehingga pada blogger bisa dilakukan upload dan menyimpan gambar.



Kelebihan Blogger :

- Gratis.
- Mudah dalam pengguaannya.
- Bisa memakai custom domain.
- Terintegrasi dan menggunakan server Google.
- Minim bugdet untuk pengeolaannya.

Kekurangan Blogger :

- Tidak Open Source.
- Kepemilikan tidak sepenuhnya milik webmaster.
- Jenis jenis template yang terbatas.


2. WordPress(WordPress.com dan WordPress.org)



Apa itu WordPress ?
Hampir sama dengan Blogger, WordPress juga digunakan untuk publish website atau membuat website baru. Namun disini perbedaannya adalah WordPress menggunakan bahasa pemrograman dan basis data yang berbeda,yaitu PHP serta MySQL. Namun tidak hanya satu seperti Blogger, WordPress ini sendiri dibagi mejadi 2, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.




2.1 WordPress.com

Berikut adalah jenis jenis paket layanan yang ditawarkan oleh WordPress.com

Kelebihan Wordpress.com :

- Gratis untuk digunakan.
- Update sudah dilakukan otomatis oleh wordpress.com
- Open Source.

Kekurangan Wordpress.com :

- Akan ada iklan yang muncul di website anda tanpa keuntungan.
- Hanya mengizinkan iklan jenis WordAds.
- Pengguna non paket bisnis tidak bisa menggunakan Google Analytics.
- Jika melanggar kebijakan, website anda akan dihapus secara tiba tiba.





2.2 Wordpress.org.

Kelebihan Wordpress.org  :

- Gratis
- Bisa merubah tampilan web dengan bebas
- Kepemilikan penuh
- Berpeluang besar untuk menghasilkan uang.

Kekurangan Wordpress.org :

- Biaya yang harus dikeluarkan bisa dibilang besar.
- Harus melakukan update secara manual saat ada pembaruan.
- Harus sering melakukan backup, namun kini sudah ada plug-in yang melakukan backup secara otomatis.

Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa pemilihannya tergantung dari keinginan dan kebutuhan. Pertama jika ingin memiliki website yang menghasilkan uang dengan budget yang minim, bisa pilih blogger karena bisa menggunakannya tanpa perlu membeli hosting. Kedua, jika website yang ingin dibuat hanya berisikan jurnal kegiatan sebaiknya gunakan WordPress.com karena walaupun gratis tersedia ruang penyimpanan yang lumayan besar. Ketiga, jika serius ingin menghasilkan uang dari website yang dibangun dengan modal yang memadai, bisa gunakan Wordpress.org karena untuk menggunakannya dibutuhkan hosting dan biaya layanan lainnya yang akan membutuhkan modal yang lumayan besar.

Sesudah membaca artikel diatas, apakah sudah menemukan jawaban atas kebingungan yang kamu alami ? Buat kamu yang ingin menghasilkan uang dari blog, khususnya blogger bisa baca artikel dibawah ini.





No comments for "Kelebihan Dan Kekurangan Dari Blogger Dan Wordpress"