Hal Yang Harus Dilakukan Saat Presentasi Dengan Klien

Kali ini saya akan membahas hal hal sebaiknya tidak kalian lakukan pada saat presentasi.

Sesudah membuat, mengerjakan, ataupun mengembangkan sesuatu yang bersifat progressif, kalian pasti dituntut untuk membuat suatu presentasi atau laporan dan menjelaskannya pada pihak yang memberikan tugas atau pekerjaan tersebut, terutama klien.

Selain membuat presentasi yang bagus dan bermutu, kalian juga harus menerapkan perilaku dan cara memberikan presentasi atau penyajian laporan dengan baik. Ada banyak hal yang bisa membantu menaikkan presentase berhasilnya presentasi kalian, salah satunya adalah dengan menghindari kesalahan kesalahan pada saat melakukan presentasi.

Berikut akan saya berikan beberapa hal sepele yang harus dihindari demi berhasilnya sebuah presentasi : 

  • Sering melihat ke bawah : ini menandakan bahwa kalian sebenarnya malu untuk saling tatap dengan audiens anda.
  • Memperhatikan laptop terlalu lama : perilaku ini bisa diartikan bahwa kalian kurang memahami materi presentasi dan sering menoleh ke arah laptop untuk membaca.
  • Membelakangi audiens : biasanya ini dilakukan oleh orang yang kurang percaya diri dan juga gugup.
  • Diam di area meja : jangan lakukan kesalahan ini karena audiens akan mulai berfikir bahwa kalian tidak menarik. Biasanya para audiens akan lebih tertatik para presentasi yang dijelaskan sambil berdiri dan terkesan berineraksi dengan audiens.
  • Memasukkan tangan ke dalam saku celana : sama seperti perilaku membelakangi audiens, ini juga merupakan tanda tanda seseorang sedang tidak percaya diri atau gugup, bajkan demam panggung.
  • Berbicara terlalu pelan dan atau cepat : Berbicara terlalu lamban bisa membuat audiens bosan dan bisa membuat mereka tidak memperhatikan presentasi kalian. Berbicara terlalu cepat bisa membuat audiens tidak bisa menangkap dan mencerna informasi dari presentasi yang kalian berikan.
  • Sering bergumam : Contoh dari sering bergumam yang saya maksud misalnya adalah “mmmmm”. Ini biasanya dilakukan seseorang yang sedang menjawab atau menjelaskan sesuatu. Jika kalian terlalu sering melakukannya, kalian akan dianggap tidak kompeten dan kurang menguasai apa yang sedang kalian presentasikan.

Sebaiknya kalian tidak melakukan hal hal yang saya sebutkan diatas. Minimal jika kalian menghindarinya, kalian tidak akan mendapatkan kesan negatif dari audiens kalian. Sekian tips yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan terimakasih.

No comments for "Hal Yang Harus Dilakukan Saat Presentasi Dengan Klien"