Pengertian dan Contoh Komunikasi Konvensional


Setelah pada artikel sebelumnya sudah ada artikel tentang perbedaan komunikasi konvensional dan jaringan, maka pada artikel kali ini akan saya berikan penjelasan tentang komunikasi konvensional yang bisa dibilang jenis komunikasi yang tradisional.

Pengertian Komunikasi Konvensional

Komunikasi konvensional merupakan komunikasi yang terjadi atau terjalin dari adanya interaksi antara (minimal) dua orang atau lebih. Namun komunikasi ini terjadi secara tradisional atau tanpa adanya peran komunikasi daring atau jaringan.

Nah, hasil dari terjadinya komunikasi tersebut mengakibatkan adanya pertukaran pemikiran dan informasi yang nantinya dapat disampaikan kepada orang lain sehingga setelah informasi tersebut disampaikan, akan ada banyak orang yang mengetahuinya dengan cara yang konvensional dan tidak melalui perantara online.


Jenis Komunikasi Konvensional

Berdasarkan cara terjadinya (dilakukan dengan perantara, maupun tidak) komunikasi bisa dibagi menjadi 2, yaitu :

Komunikasi Langsung 

Merupakan Komunikasi yang terjadi secara langsung, biasanya dilakukan secara tatap muka dengan jarak yang tidak terlalu jauh, dan tanpa menggunakan perantara. Contohnya adalah orang yang sedang mengobrol, saling berteriak dari jauh, dll.

Komunikasi Tidak Langsung

Merupakan Komunikasi yang dapat terjadi dengan adanya perantara dikarenakan jaraknya yang tidak mendukung untuk melakukan komunikasi secara langsung. Dan perantara yang digunakan pun juga termasuk alat komunikasi tradisional(jadul). 

Contohnya adalah berbicara dengan telepon kabel, menyebarkan undangan, menyerukan pemberitahuan lewat kentongan atau bedug, saling mengirim surat, dll.


Faktor Pendukung Komunikasi Konvensional

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat membantu terwujudnya komunikasi konvensional yang sudah saya jelaskan diatas.
  1. Orang yang berkomunikasi
  2. Jarak dekat(untuk komunikasi langsung)
  3. Alat komunikasi(untuk komunikasi tidak langsung)

Kekurangan Komunikasi Konvensional

Untuk jenis komunikasi yang dilakukan secara tradisional, pastinya akan ada kekurangannya sendiri, berikut ini adalah kekurangan tersebut :
  1. Ada informasi yang terlewatkan
  2. Sedikit ketinggalan jaman
  3. Akan ada delay untuk komunikasi tidak langsung

Kelebihan Komunikasi Konvensional pada 2020

Selain punya kekurangan, jenis komunikasi ini juga punya kelebihan tersendiri, yaitu : 
  1. Bisa menjalin silaturahmi 
  2. Bisa sedikit bernostalgia

Baca juga :

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini pada orang lain agar dapat berguna juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan kesehatan kalian selama pandemi corona ini masih belum berakhir.

Dapatkan gambar ilustrasi tersebut di shutterstock : Abdillahmd

No comments for "Pengertian dan Contoh Komunikasi Konvensional"

Berlangganan via Email