Cara Membuat Blog Atau Website Yang Baik Dan Benar



Pasti diantara kalian banyak yang belum tau cara membuat blog yang baik. Memang benar, membuat blog bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan asal asalkan. Namun sebenarnya ada cara tersendiri agar bisa membuat blog yang benar agar bisa berhasil dan menghasilkan. Disini, yang saya maksud berhasil dan menghasilkan adalah blog yang punya kualitas, trafik yang bagus, dan bahkan bisa menghasilkan uang sebagai penghasilan tambahan bagi pemiliknya.

Google Adsense Terganggu Corona

Lalu apa perbedaannya dengan membuat blog secara asal asalan ? Letak perbedaannya adalah jika kalian membuat blog secara asal asalan, beberapa aspek pada blog akan memiliki hasil yang tidak maksimal, misalnya pada pengunjung. Jika blog kalian sudah dipercaya atau disukai oleh pengunjung dengan minat tertentu, maka pengunjung tersebut akan lebih sering mencari informasi yang dibutuhkan di blog kalian.

Kali ini akan saya bagikan beberapa saran bagi kalian untuk membuat blog atau website dengan cara yang benar.
Disini akan saya bagi menjadi beberapa tahapan.

1. PEMILIHAN PENERBIT

Pemilihan penerbit ini adalah memilih developer mana yang akan anda gunakan untuk membuatnya, contoh dari penerbit yang sering digunakan atau sudah umum adalah Blogger dan Wordpress. Tentunya Blogger dan Wordpress punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Baca artikel dibawah ini untuk mengetahui perbedaannya.

Blogger Atau Wordpress? Ini Yang Cocok Untuk Anda
2. PERANCANGAN :
  • Tentukan nama website
Penentuan nama website tentunya cukup penting, karena selain sesuai dengan keinginan, nama website sebaiknya sesuai dengan tema yang ditentukan dan sebaiknya nama website itu unik sehingga akan menjadi lebih mudah diingat oleh pengunjung. Misalnya jika tema website kalian adalah teknologi, contoh nama website yang sesuai adalah updatetekno.com atau mytekno.com.

  • Tentukan tema atau niche
Niche yang dimaksud adalah semacam tema yang menggambarkan website atau blog kalian, misalnya niche suatu website adalah kesehatan. Artinya  website tersebut punya konten dengan isi atau pembahasan seputar kesehatan. Penentuan niche ini terbilang cukup penting karena akan membantu kalian untuk fokus menerbitkan artikel dengan tema tertentu.

  • Tentukan target peminat dari website 
Ibarat sebuah peluncuran produk baru, produser nya pasti akan menentukan target yang akan dicapai, misalnya peminat dari suatu kalangan tertentu. Nah, hal itu juga berlaku untuk pembuatan website, sebelumnya tentukan dulu siapa target pembacanya, lalu buat konten yang sekiranya akan dinikmati oleh para pengunjung. Dengan mendapatkan pengunjung yang suka dengan artikel dari website anda, tentunya akan mendapatkan pelanggan setia yang akan sering mengunjungi website kalian.


3. PEMILIHAN TEMPLATE
  • Template dengan loading speed yang tinggi
Apa maksudnya ? maksudnya adalah website yang bisa diakses dengan loading page yang cepat atau ringan, bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan proses loading, bahkan saat diakses dengan koneksi dengan kecepatan rendah. Ini sangat disarankan karena banyak pengunjung yang akan membatalkan kunjungannya pada website kalian jika loading halamannya terlalu lama, bahkan sebelum melihat artikel kalian. Maka dari itu template dengan loading speed yang cepat sangat disarankan.


  • Template responsive
Template yang responsif adalah template yang tampilannya bisa menyesuaikan layar dari device pengunjung. Tujuannya adalah agar pengunjung tetap bisa mengakses website kalian secara keseluruhan walaupun menggunakan device atau gadget dengan resolusi layar yang kecil. Dengan nyamannya kunjungan yang dilakukan, tidak menutup kemungkinan pengunjung akan tertarik untuk membaca artikel lain pada website kalian. Jadi, bisa dipastikan bahwa pengunjung akan merasa nyaman dan betah saat mengakses website kalian.


4. PENGISIAN KONTEN WEBSITE

Pengisian konten bukanlah hal yang bisa disepelekan, karena untuk pengisian artikel haruslah artikel yang berkualitas yang akan memuaskan pengunjung dan juga tidak menyalahi aturan. Aturan yang dimaksud adalah masalah keaslian konten atau artikel. Jadi penulisan artikel yang baik dan benar adalah artikel yang tidak melanggar hak cipta atau copyright. Artikel haruslah asli, buatan atau karangan sendiri selain karena membuat penulis terbiasa melakukan hal yang baik, juga dapat mempermudah mendapatkan pengunjung karena artikel tidak diabaikan oleh mesin pencari (Search Engine). Untuk menghindari adanya pelanggaran hak cipta, suatu artikel tidak boleh copas dari karya orang lain, setidaknya kalian bisa mencari referensi dari beberapa blog, lalu membuat suatu rangkuman dan akhirnya kalian jadikan artikel.


5. PEMBUATAN DISCLAIMER, PRIVACY POLICY, CONTACT, ABOUT US
Sebenarnya pada nomor lima ini diwajibkan untuk dibuat oleh pemilik website yang ingin mendaftar sebagai publisher google adsense. Buat kalian yang ingin mendaftar sebagai publisher adsense dan menghasilkan uang, baca artikel dibawah ini :
Tips Cepat Diterima Google Adsense Terbaru
  • DISCLAIMER :  Disclaimer untuk website adalah suatu pernyataan yang dibuat guna menentukan suatu batas atau lingkup dari hak dan kewajiban dari pihak pemilik atau pengelola suatu website yang peraturannya diakui secara hukum.
  • PRIVACY POLICY : Privacy Policy adalah suatu pernyataan mengenai kebijakan yang mengungkapkan bagaimana suatu pihak mengumpulkan, menggunakan, mengelola data dari pelanggan.
  • CONTACT : Sesuai namanya, contact adalah jenis jenis kontak yang bisa digunakan oleh pelanggan atau pengunjung untuk menghubungi kalian(pengelola website).
  • ABOUT US : About us adalah keterangan yang digunakan untuk memberitahu pembaca atau pengunjung mengenai identitas website kalian, biasanya disini ditampilkan hal-hal yang menonjol dari website dan juga pengelolanya.
Sekian saran yang bisa saya berikan untuk kalian pemula yang ingin membuat website atau blog baru, jika ada pertanyaan bisa kalian tanyakan dikolom komentar atau bisa kalian hubungi saya melalui menu contact us yang sudah tersedia.




No comments for "Cara Membuat Blog Atau Website Yang Baik Dan Benar"