Pengertian, Topologi, dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer


Pengertian

Jaringan komputer merupakan suatu sistem jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih. Komputer komputer dalam jaringan komputer dibuat saling terkoneksi satu dengan yang lainnya melalui media transmisi tertentu ( dengan kabel / tanpa kabel) sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data maupun penggunaan hardware komputer.
Sederhananya, jaringan komputer adalah sistem yang berisi beberapa komputer, serta perangkat elektronik yang saling terhubung satu sama lain sebagai satu kesatuan sistem. Dengan terhubungnya perangkat tersebut, memungkinkan untuk terjadinya penggunaan sumber daya secara bersama sama.


Apa kegunaanya ?

  • Bisa mengakses file yang telah dibagikan pada suatu jaringan, misalnya jaringan internet lokal.
  • Proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Dapat melakukan penigiriman segala jenis file secara real time.
  • Dapat menggunakan perangkat keras (Hardware) yang terhubung dalam satu jaringan komputer. Misalnya adalah penggunaan bersama printer pada sebuah kantor.


Jenis Jenis Jaringan Komputer

Dalam pembagian jenisnya, jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan hal hal berikut :

1. Berdasarkan media transmisi data

  • Jaringan dengan kabel (Wired Network)
Wired Network merupakan jenis jaringan komputer yang masih menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut fungsinya adalah untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar dan mengirim data dengan atau tanpa terhubung dengan internet.

Baca juga :

  • Jaringan nirkabel (Wireless Network)
Berbeda dengan wired network, wireless network tidak lagi menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Semua pengiriman dan pertukaran informasi atau data antar komputer dilakukan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Saat ini jenis ini sangat banyak digunakan walaupun sering terjadi gangguan koneksi yang terjadi akibat adanya noise.


2. Berdasarkan peranan dalam jaringan

  • Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau sedikit komputer yang berperan sebagai server (penyedia) dan beberapa komputer yang berperan sebagai client (pengguna). Pada kebanyakan jaringan komputer, hanya ada satu komputer untuk server dan komputer yang lainnya berperan sebagai client.

Komputer untuk server berfungsi sebagai penyedia resources atau data, sedangkan komputer client dapat menggunakan sumber daya tersebut asalkan sudah terhubung dengan server.

  • Jaringan Peer to Peer (P2P)
Pada jaringan ini jenis ini, tidak ada server dan client secara khusus,  maksudnya adalah baik komputer manapun dapat menjadi client maupun server dan punya peran dan otoritas yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan komputer client juga dapat menjadi komputer server.


3. Berdasarkan jenis topologi

  • Topologi Hybrid
Topologi hibrid adalah topologi yang luas dan merupakan gabungan dari 2 atau lebih jenis topologi yang berbeda. Topologi hybrid memiliki semua gabungan dari ciri-ciri dan sifat berdasarkan jenis topologi yang tergabung di dalamnya.

  • Topologi Ring
Topologi ring (topologi cincin) merupakan topologi jaringan yang rangkaiannya berupa titik pada komputer yang mana masing-masing titik di bagian ujungnya terhubung ke dua titik dari komputer lainnya sampai kembali terhubung di komputer yang pertama dan pada akhirnya membentuk cincin. Karena itulah topologi ini disebut topologi ring (cincin).

  • Topologi Star
Topologi star merupakan topologi jaringan yang terdapat satu penghubung (bisa Hub atau Switch) sebagai pusat dari setiap komputer yang terhubung pada jaringan tersebut.

Hub/Switch ini posisinya ada di pusat atau di tengah dan fungsinya adalah untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan dan juga menghubungkan tiap komputer ke server pusat.

  • Topologi Bus
Jaringan dengan topologi bus diatur menggunakan kabel sebagai tulang punggung atau backbone-nya. Kabel ini berfungsi sebagai media transmisi atau komunikasi. Semua perangkat yang ingin melakukan pertukaran data atau informasi dengan perangkat lain di jaringantersebut akan mengirim pesan siaran (broadcast message) melalui kabel yang menghubungkan kedua perangkat itu. Akan tetapi hanya penerima yang benar benar dituju yang dapat menerima dan memproses pesan tersebut. Ini dilakukan dengan metode routing, yang mana fungsinya adalah untuk pengalamatan.

  • Topologi Mesh
Topologi Mesh atau biasa disebut juga dengan sebutan topologi jala adalah bentuk topologi jaringan yang mana semua perangkatnya dapat terhubung satu sama lain, namun secara acak atau tidak beraturan.

Karena kedua perangkat yang akan melakukan pertukaran data saling terhubung, maka arus pengirman dan pertukaran data dapat dilakukan dengan proses cepat dengan seminimal mungkin melewati perangkat lain.

  • Topologi Jaringan Tree
Topologi jaringan tree atau topologi pohon merupakan topologi jaringan yang bertingkat, mirip seperti pohon. Dimana koneksi akan menggunakan penghubung (Hub atau Switch) dan masing-masing penghubung tersambung dengan server.

Topologi ini sebenarnya adalah hasil kombinasi dari topologi star dan topologi bus. Namun yang membedakannya dari topologi hybrid adalah topologi tree memiliki lebih banyak Hub atau switch di dalam jaringannya dan sistemnya yang lebih kompleks.

Mungkin kalian tertarik untuk membaca


4. Berdasarkan luas area jangkauan

  • LAN (Local Area Network)
Local Area Network atau LAN merupakan jenis jaringan komputer yang hanya dapat mencakup area yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di kampus, kantor, atau sekolah.

Cara Membuat Jaringan Local Area Network
  • WLAN (Wireless Local Area Network)
Jaringan komputer yang satu ini menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya. Tidak jauh berbeda dengan LAN, WLAN juga memiliki cakupan area yang kecil. Namun informasi atau data akan ditransfer dari satu komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan gelombang radio. WLAN juga biasa disebut dengan Jaringan Nirkabel atau jaringan wireless.

  • MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan komputer yang memiliki rakupan area yang lumayan luas, bahkan bisa mencakup satu kota atau bahkan antar kota. Proses transfer data atau informasi pada MAN dilakukan dengan kecepatan transfer data (Bit rate) yang tinggi. Jaringan komputer ini cenderung digunakan untuk menghubungkan berbagai lokasi pusat seperti perkantoran, pemerintahan, sekolah, dan lain-lain.

  • WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network atau WAN adalah salah satu jenis jaringan komputer dengan cakupan area yang sangat luas, dapat mencakup sebuah negara hingga bahkan wilayah seluas benua. Media transmisi yang digunakan dalam jaringan WAN biasanya adalah kabel bawah laut (submarine cable) dan juga satelit.

Bahkan hingga saat ini yang sudah menggunakan fiber optic sekalipun, untuk transmisi antar negara masih cenderung menggunakan kabel bawah laut.

No comments for "Pengertian, Topologi, dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer"