Kenapa tumbuhan bisa tumbuh lurus atau miring ke arah sinar matahari ?

Tumbuhan bisa tumbuh lurus ataupun miring karena apa ?

Pernah kepikiran gak sih, kenapa tumbuhan bisa tumbuh dengan arah yang bermacam macam, bisa lurus ke atas, bisa juga miring ke kanan atau kiri.

Jadi gini, sebenarnya pada tumbuhan tidak ada yang namanya tumbuh dengan lurus, melainkan arah tumbuhnya ditentukan oleh arah datang cahaya matahari. Kenapa bisa ? Karena pada dasarnya tumbuhan membutuhkan cahaya dari matahari untuk melakukan fotosintesis.

Buat kalian yang belum tau, tumbuhan hijau tersebut memang sangat peka terhadap rangsangan dari cahaya matahari. Jadi kalau tumbuhan tumbuh tidak mengarah pada cahaya matahari, maka tumbuhan tersebut akan kesulitan untuk melakukan fotosintesis.
Baca juga :

Fase Pada Tumbuhan

Menurut saya, ada dua fase tertentu pada tumbuhan hijau, yaitu fase tumbuh, dan fase fotosintesis.

1. Fase tumbuh

Ini adalah fase yang terjadi pada malam hari, dimana tumbuhan mengalami pertumbuhan atau meningkatnya tinggi dan volume pada tumbuhan tersebut. Kenapa tidak pada siang hari ? Karena sepengetahuan saya, pada siang hari tumbuhan tersebut akan terlalu sibuk untuk melakukan fotosintesis dan mengumpulkan nutrisi lainnya karena sinar matahari hanya ada pada siang hari. Nah pada fase ini, ada proses pada tumbuhan yang bernama Fototropisme. Fototropisme adalah proses dimana tumbuhan hijau tumbuh selagi tidak terkena sinar matahari yang terjadi karena adanya hormon auksin pada tumbuhan. 

2. Fase fotosintesis

Fase ini juga bisa dibilang fase pengumpulan nutrisi. Fase ini cenderung dilakukan pada siang hari dimana ada sinar matahari.

Nah pada fase ini, tentunya tumbuhan akan sangat tergantung pada arah datang cahaya, maka dari itu tumbuhan akan cenderung mengarahkan permukaan daunnya ke arah dimana matahari berada.

Baca juga :

Apa yang membuat tumbuhan bisa mengikuti arah matahari ?

Lalu bagaimana bisa tumbuhan mengikuti arah cahaya matahari padahal tidak bisa melihat ? Dengan sifat peka terhadap cahaya matahari, tumbuhan bisa mengikuti arah cahaya tersebut. Ini bisa kita analogikan dengan sensor pada mata kita. Pada saat kita sedang melihat benda bergerak, tentunya mata kita akan terfokus pada benda tersebut dan mengikuti kemana arah geraknya.

Selain itu, ada juga faktor pengaruh dari proses Fototropisme yang sudah saya jelaskan di atas pada fase tumbuh

Untuk jelasnya kalian bisa perhatikan gambar dibawah ini :
  • Pada bagian kiri bisa kalian lihat bahwa pada saat tumbuhan terkena sinar matahari dari atas, maka tumbuhan tersebut tidak mengalami pertumbuhan sama sekali.
  • Sedangkan pada bagian kanan, tumbuhan akan mengalami pertumbuhan pada bagian yang tidak terkena sinar matahari, karena disini hormon auksin ada pada kondisi aktif(tidak terpapar sinar matahari). Jadi karena hanya bagiian yang tidak terkena sinar matahari yang mengalami pertumbuhan, tumbuhan tersebut akan jadi condong ke arah matahari yang seolah olah membuat tumbuhan tersebut tumbuh semakin tinggi mengikuti arah sinar matahari.

Nah jadi begitu sebenarnya proses tumbuhan bisa tumbuh tinggi mengarah ke sinar matahari. Kalau kalian masih ada pertanyaan bisa kalian tulis di kolom komentar.


No comments for "Kenapa tumbuhan bisa tumbuh lurus atau miring ke arah sinar matahari ?"

Berlangganan via Email