Penjelasan Apa Itu MALWARE (Malicious Software) Dan Cara Mengatasinya

Malware virus spyware security.jpg

Penjelasan Tentang Malware

Untuk kalian yang berkiprah atau menguasai bidang jaringan komputer pastinya tidak asing dengan yang namanya Malware, virus, spyware, dll. Nah buat kalian yang masih belum tau apa itu malware, pada artikel kali ini akan saya berikan penjelasan singkat mengenai apa itu Malware dan jenis jenisnya, serta cara mengatasi malware.


Apa itu Malware?

Malware (Malicious Software) adalah suatu program (Semacam Software) yang dibuat untuk tujuan buruk, misalnya untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer melalui jaringan. Malware juga bisa dibilang sebagai sekumpulan virus yang dijadikan satu oleh pembuatnya lalu disebarkan melalui jaringan.


Kenapa Malware Dianggap Berbahaya ?

  1. Ini adalah perangkat lunak yang berbahaya dan melakukan hal-hal buruk, khususnya pada komputer yang tidak punya penangkalnya.
  2. Malware menginfeksi mesin yang rentan dan terabaikan.
  3. Malware menyerang berbagai komponen mesin seperti sistem operasi(Core / Brain), aplikasi(Software), dan perangkat keras(Hardware).
  4. Malware menyebar di seluruh perangkat jaringan.
  5. Malware melumpuhkan system dan jaringan.
  6. Malware menyampaikan informasi penting kepada pemiliknya.
  7. Malware bisa mengambil alih jaringan dan menjalankannya.


Jenis Jenis Malware

Karena malware sendiri punya banyak contoh dan jenis, maka kali ini akan saya berikan beberapa contoh dari malware yang sudah banyak menyebar dan diketahui oleh banyak orang.

1. Keyloggers

Keyloggers atau keystroke logger adalah program perangkat lunak atau software yang digunakan untuk melacak aktivitas (dilakukan dengan meninjau penekanan tombol) keyboard. Keyloggers juga termasuk dalam bentuk spyware, dimana user tidak menyadari bahwa tindakan mereka sedang dilacak.

2. Adware

Adware, atau advertising-supported software, adalah jenis perangkat lunak yang menghasilkan pendapatan untuk pengembangnya dengan secara otomatis menghasilkan iklan online pada interface pengguna perangkat lunak atau pada tampilan yang disajikan kepada pengguna selama proses instalasi sebuah program.

Sebaiknya kalian berhati hati jika mendownload program dari website yang tidak jelas, atau bukan official website dari sebuah software atau program.

3. Spyware

Seperti namanya, ini adalah perangkat lunak yang "memata-matai" komputer kalian. Spyware dapat menangkap informasi seperti kebiasaan menjelajah Web, pesan email, nama pengguna dan kata sandi, dan informasi kartu kredit. Jika dibiarkan, perangkat lunak dapat mengirimkan data ini ke komputer orang lain melalui Internet, bahkan bisa melalui jaringan Ad-Hoc sekalipun.


Cara Mendeteksi Malware

  1. Periksa apakah sistem operasi (OS) kalian sudah up to date atau belum.
  2. Periksa apakah device kalian memunculkan pop-up.
  3. Cek adakah icon atau shortcut baru yang tidak kalian buat sebelumnya.
  4. Perhatikan jika kalian di-redirect ke halaman website secara tiba tiba.
  5. Periksa apakah komputer / laptop kalian berjalan lebih lambat dari biasanya.
Cara Atasi Laptop Lemot


Apa Yang harus Dilakukan Untuk Mengatasi Malware

  1. Masuk ke Safe Mode.
  2. Hapus Temporary Files
  3. Download Pemindai Virus atau Anti Virus.
  4. Jalankan Scanning.

No comments for "Penjelasan Apa Itu MALWARE (Malicious Software) Dan Cara Mengatasinya"