Rahasia Bikin Artikel Berkualitas SEO Auto Page One Google


Seperti yang kita tahu, Google punya standardnya sendiri untuk mengurutkan semua artikel untuk muncul dalam urutan hasil pencarian. Maka dari itu kita harus tau seberapa berkualitas artikel kita di mata Google untuk muncul di halaman pertama pencarian.


Kalian bisa saja menulis artikel dengan lengkap, panjang dan rutin. Tapi apakah kalian yakin bahwa artikel kalian akan muncul di halaman pertama pencarian ? Banyak orang yang sangat rajin menghasilkan puluhan artikel per bulannya tanpa memperhatikan SEO, yang akan terjadi adalah tidak ada dari hasil artikel mereka yang muncul di halaman pertama pencarian. Nah pada artikel kali ini akan saya bagikan tips untuk menulis artikel agar muncul di halaman pertama pencarian (Page One) Google dan mendapat banyak kunjungan.

Penulisan artikel yang baik akan memperhatikan SEO dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dengan baik. Ini tipsnya :

1. Buat artikel yang dapat menjawab pertanyaan pertanyaan pengunjung

Kenapa ? karena Google punya penilaian sendiri terhadap artikel suatu blog, salah satunya adalah kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung dapat diketahui Google dengan melihat seberapa lama pengunjung berada di satu blog. Semakin lama sebuah kunjungan, maka akan dinilai bahwa pengunjung menikmati apa yang disuguhkan di blog tersebut.

Selain itu juga dapat dilihat apakah seseorang membagikan atau bookmark blog tersebut. Segala macam perilaku pengunjung dapat diketahui oleh Google dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan tracking.

Dengan setidaknya berdasar dari dua kategori di atas, maka Google akan dapat melakukan indexing dan mengurutkan akan muncul pada halaman berapakah sebuah artikel pada hasil pencarian.





2. Gunakan internal link

Buat yang belum tau aja,atau mungkin ada yang lupa, internal link adalah link atau url yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain pada sebuah blog.

Penggunaan internal link sebenarnya ada beragam, misalnya untuk memberikan referensi dan mempromosikan artikel lain. Keduanya tentu berbeda, jika untuk referensi, maka url yang ditawarkan akan merujuk ada artikel lain dengan tema atau topik yang sama.

Sedangkan jika untuk sekedar mempromosikan konten, maka url yang diberikan tidak perlu mengikuti tema dan topik yang sedang dibahas( bisa random).

Manfaat dari penggunaan internal link setidaknya bisa membuat pengunjung berada sedikit lebih lama berada blog kita.

Cara kerjanya :
Ibaratkan kita sedang memancing, kita dapat menaburkan semacam makanan ikan di sebuah area pemancingan. Makanan ikan yang tadi sudah ditaburkan adalah artikel yang dibaca pengunjung.

Lalu kita mulai melamparkan kail berisi umpan, ke area yang sudah di penuhi ikan tadi. Umpan di kail yang dilemparkan adalah internal link yang mengarah ke artikel lain.

Jika ikan (target pengunjung) tertarik dan memakan umpan, disitulah manfaat dari internal link bisa kita dapatkan.

Tidak hanya mendapatkan durasi tambahan, melainkan pengunjung akan lebih tertarik dengan blog kita karena menemukan hal yang menarik. Akibatnya jumlah kunjungan dan pendapatan dari Google Adsense menjadi meningkat.


Berikut ini adalah contoh dengan topik yang sesuai :



Contoh internal link artikel beda topik :

Cloudflare : Free SSL Certificates Atau Layanan SSL Gratis

3. Perhatikan Kualitas Artikel

Tidak hanya bagus dalam penilaian Search Engine dan SEO, melainkan juga harus bagus dalam penilaian pembaca. Karena tidak semua artikel yang bagus penilaian SEO-nya, namun tidak terlalu memuaskan pembaca.

Inilah yang sering membuat bimbang para blogger dalam pembuatan artikel. Mereka harus bisa membuat artikel yang SEO friendly, namun disatu sisi mereka juga harus memperhatikan kepuasan pengunjung yang membaca artikel mereka.

Namun menurut pendapat saya pribadi yang juga kerap berada di sisi pembaca artikel blog lain, saya justru akan membagikan dan men-bookmark suatu website atau blog yang menyediakan kepuasan terhadap informasi yang saya butuhkan. Lalu saya akan mengunjungi blog tersebut saat saya ingin kembali membacanya.

Nah kalian bisa tentukan sendiri, ingin memilih untuk memenuhi penilaian SEO atau kepuasan pengunjung, atau kalian bisa melakukan keduanya sekaligus.


4. Relevansi Judul Artikel 

Judul dari sebuah artikel juga bisa jadi faktor penentu apakah sebuah artikel akan muncul sebagai rekomendasi untuk muncul di halaman pertama pencarian Google. Selain karena kualitas konten, sebuah artikel juga dapat muncul di halaman pertama karena judulnya yang relevan dengan apa yang dicari oleh calon pembaca.

Tidak menutup kemungkinan bahwa artikel dengan judul yang relevan dengan apa yang dicari orang akan muncul di Page One Google, terlepas dari kontennya benar benar sesuai atau hanya sebatas click bait.

Click bait sempat menjadi sebuah trend di berbagai negara, salah satu contoh dari click bait yang sangat mengundang calon pengunjung adalah judul dengan keyword tentang skandal atau berita viral yang sedang terjadi.

Sebelum mulai menerapkan SEO Off Page dan On Page, kalian bisa mulai dengan hal terkecil seperti optimasi judul artikel.


5. Maksimalkan Deskripsi Penelusuran

Penulisan deskripsi penelusuran juga merupakan hal penting, biasanya digunakan untuk membackup kurang relevannya judul artikel. Bagaimana bisa ?

Bisa kalian lihat sendiri seperti gambar di atas, kalian pasti pernah menemuinya. Prinsip kerjanya adalah pada saat seseorang mencari informasi di Google, misalnya tips mudah diterima Google Adsense. Pada satu kasus, judul artikel seseorang yang hanya "Tips Google Adsense" seharusnya akan kalah posisi dengan artikel lain yang judulnya lebih relevan dan sesuai dengan keyword pencarian. Disitulah adanya deskripsi penelusuran menjadi penting, seperti pada gambar di atas, judul artikel yang kurang sesuai akan di back up oleh deskripsi pencarian.

Bagaimana caranya ?
Caranya sangat mudah, yaitu dengan memberikan deskripsi yang lebih luas dari judul artikel yang kalian buat. Ini contohnya :


Seperti pada artikel ini yang berjudul "Tips Menulis Artikel SEO Auto Page One Google", kalian bisa memperluas jangkauan keywordnya menjadi beragam hal mengenai SEO, contohnya cara penerapan SEO, SEO On Page, SEO Off Page, atau dengan keyword lainnya yang berkaitan dengan judul artikel kalian..

Walaupun terlihat sepele, namun cara ini harus kalian coba dan rasakan sendiri manfaatnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kalian.


Nah sampah disini dulu bahasan tentang Tips Menulis Artikel SEO Auto Page One Google, tips tips lainnya akan saya bagikan pada artikel selanjutnya, jadi pastikan kalian mengikuti blog ini melalui email agar kalian mendapatkan tips terbaru dari blog ini.

No comments for "Rahasia Bikin Artikel Berkualitas SEO Auto Page One Google"