Kelebihan Dan Kekurangan Camera Polaroid

Polaroid Camera

Camera Polaroid

Pasti kalian semua sudah tau apa itu Camera Polaroid ? Buat yang sudah tau bisa skip bagian introduction ini, dan langsung saja baca kelebihan dan kekurangan camera polaroid..

Polaroid merupakan salah satu merek dagang dari jenis camera yang bisa mencetak langsung secara instan hasil fotonya. Hasil foto tersebut bisa langsung diproses di dalam badan kamera untuk dicetak. Dengan hasil foto dan cetakan yang retro vintage, kamera ini hampir tidak pernah sepi peminat karena ciri khas tersebut. Jenis camera ini pertama kali diberitahukan di publik sekitar tahun 1947 oleh scientist berkebangsaan Amerika bernama Edwin Land.


Kelebihan Camera Polaroid

Ada banyak kelebihan camera polaroid yang perlu kalian ketahui, yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi para fotografer pemula.

1. Cocok untuk pemula

Camera polaroid benar benar berbeda dengan camera SLR / DSLR yang punya banyak jenis pengaturan. Jenis camera ini adalah camera yang sangat sederhana, jadi akan mudah dipahami cara penggunaanya.

2. Serba instant

Mulai dari proses pemotretan hingga hasil foto keluar tidak sampai 5 menit. Prosesnya sangat cepat daripada kamera lainnya.

3. Lebih Berkesan

Camera yang satu ini hanya bisa mencetak 1(satu) foto untuk setiap pengambilan gambar, sehingga membuat hasil foto yang dicetak akan lebih berkesan, terutama untuk foto-foto yang memiliki kenangan tersendiri.

4. Desain yang unik

Desain, bentuk dan warna dari camera ini ada berbagai macam yang berbeda-beda. Selain itu kalian juga bisa melengkapinya dengan aksesoris yang tidak kalah unik, seperti hardcase, bahkan cocok untuk diberikan tas kulit yang elegan.

5. Cocok untuk outdoor

Kalau kalian adalah orang yang suka melakukan kegiatan dan mengambil foto outdoor, camera yang satu ini benar benar cocok untuk kalian. Bahkan cahaya matahari akan membantu hasil foto kalian menjadi lebih maksimal dan punya tambahan efek.


Kekurangan camera polaroid :

Setelah membahas berbagai kelebihan dari camera polaroid, selanjutnya akan saya berikan beberapa kekurangan camera polaroid untuk kalian yang benar benar belum mengetahuinya.

1. Ukuran foto terbatas

Ini adalah kekurangan yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa diatasi, yaitu ukuran hasil cetakan fotonya tidak bisa diatur ukurannya karena hasil fotonya akan langsung tercetak. Sedangkan banyak orang yang tidak selalu menyukai ukuran foto tersebut. Itulah kekurangannya.

2. Sering Refill kertas foto

Karena kapasitas kertas foto yang ada pada badan polaroid ukurannya terbatas, maka kalian harus selalu membawa refill untuk kertas foto kemanapun camera tersebut dibawa. Kenapa ? karena jika kalian kehabisan kertas foto apda camera polaroid dan tidak membawa cadangannya untuk refill, well, it's done. Camera kalian tidak akan berguna sama sekali.

3. Harga mahal

Benar sekali! Harga harga keduanya(Camera dan Refill) cukup mahal jika dibandingkan dengan hasil pencetakan foto SLR / DSLR. Untuk harga 1 pack refill tanpa motif berkisar 100 ribu, sedangkan untuk kertas foto yang ada bermotif berharga sekitar 120 ribu, belum lagi harga cameranya sendiri. Cukup mahal memang, namun untuk kalian yang benar benar menyukainya dan ahli dalam fotografi, kenapa tidak ?

Yang harus kalian ketahui hanyalah bagaimana cara mendapatkan uang untuk membelinya.

4. Config terbatas

Tidak diragukan lagi, jika fitur pengaturan adalah suatu kebutuhan pada camera. Jika pengaturan pada sebuah camera sangatlah minim, maka akan dapat mengurangi kinerja camera tersebut. Misalnya saja fitur pengaturan ISO, ini adalah pengaturan yang sangat penting karena unsur utama dari fotografi adalah cahaya.

5. Tidak maksimal saat lowlight

Jika kalian menggunakan camera ini pada kondisi yang minim cahaya, camera ini tidak dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Sekali lagi ini karena kurangnya fitur untuk pengaturan intensitas cahaya pada camera (ISO).

Baiklah, sekian dulu informasi yang bisa saya berikan tentang Kelebihan dan Kekurangan Camera Polaroid.

No comments for "Kelebihan Dan Kekurangan Camera Polaroid"