Pentingnya Backlink Untuk Meningkatkan Traffic Blog


Halo Sobat Finder, Kali ini saya akan sedikit membahas tentang backlink. Bahasan kali ini akan meliputi pengertian, pentingnya, dan juga kegunaan backlink bagi website atau blog.


Daftar Bahasan :

  1. Pengertian Backlink
  2. Pentingnya Backlink Terhadap Peningkatan Traffic
  3. Akibat Tidak Punya Backlink
  4. Cara Untuk Mendapatkan Backlink
  5. Ciri Blog / Website Yang Baik Untuk Menempatkan Backlink
  6. Kesimpulan

Apa itu Backlink ?

Backlink jika diartikan sesuai namanya adalah Back artinya kembali, dan Link artinya tautan. Jadi bisa disimpulkan bahwa backlink adalah tautan yang berisikan feedback dengan maksud memberitahukan orang lain agar mengunjungi suatu link yang menuju suatu website.

Lalu apa pentingnya sebuah backlink bagi peningkatan traffic suatu blog ?

Salah satu pentingnya backlink bagi suatu blog adalah bisa meningkatkan traffic dari suatu blog. Traffic blog sendiri akan meningkat jika ada pengunjung baru yang datang dan melihat lihat artikel di suatu blog.

Traffic blog sendiri ada bermacam macam, namun yang biasa dikenal dan paling umum adalah organic traffic dan juga referral traffic. Nah, traffic yang didapat dari backlink adalah traffic berjenis referral. Walaupun bukan termasuk organic traffic, traffic yang didapat dari backlink bisa dibilang bagus tergantung dari mana kita meletakkan backlink tersebut.

Lalu apa yang akan terjadi jika kita tidak mencari atau berusaha untuk mendapatkan backlink ?

Sebenarnya tidak masalah apabila kita tidak memiliki backlink dari blog atau website orang lain. Karena pada dasarnya kita melakukan posting pun akan mendapatkan backlink secara otomatis dari google. Namun google tidak memberikan backlink pada sembarang artikel. Tentunya ada persyaratan khusus agar kita bisa mendapatkan backlink google dari artikel yang kita post.

Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink ? Berikut caranya :

1. Guest Posting
Guest posting adalah melakukan posting artikel pada website atau blog yang sudah besar, dalam artian sudah memiliki peringkat baik di mata Google.

2. Pembelian Backlink
Pembelian backlink adalah sebuah hal baru yang bisa dibilang bisnis. Ada banyak website besar yang menawarkan penjualan backlink pada pembaca atau pengunjungnya. Biasanya mereka akan memberikan kesempatan pada pembeli backlink untuk menempatkan backlink di website tersebut. Terkadang ada juga ketentuan untuk meletakkan bakclink tersebut secara permanen dan ada juga yang cuma sementara.

3. Membuat website lain
Cara ini bisa dibilang sedikit curang dan tidak terlalu efektif namun bisa dicoba. Karena jika kita meletakkan backlink pada website baru belum tentu akan ada banyak orang yang mengunjungi website tersebut karena belum tentu akan muncul di hasil pencarian Google.

4. Terapkan SEO pada blog atau website kalian.
Penerapan SEO pada website kalian tujuannya adalah untuk meningkat kemungkinan munculnya website kalian di hasil pencarian google. Baca artikel dibawah ini untuk memaksimalkan SEO blog kalian.
Tips Untuk Update SEO terbaru 2019

Ciri Ciri Blog / Website yang baik untuk menempatkan backlink

1. Memiliki Unique Visitor(UV) dan PageViews(PV) yang besar tiap harinya.
Kenapa ? karena jika kita menanamkan backlink pada website atau blog yang punya UV dan PV yang besar, maka akan makin besar pula kemungkinan tautan yang menuju blog kita akan di klik oleh pengunjung.

2. Bukan website atau blog yang melanggar kebijakan Google.
Jika kita menempatkan backlink pada website yang melanggar kebijakan Google, maka ada kemungkinan bahwa artikel yang sudah kita posting akan di deindex atau bahkan dimasukkan sandbox oleh Google. Contoh pelanggaran kebijakan yang dilakukan adalah website spam.

3. Website tutorial dan edukasi.
Bagusnya kita menanamkan backlink pada website dengan niche tutorial dan edukasi adalah karena pada setiap artikel, maka akan selalu ada perbandingan atau referensi lain untuk mendukung materi atau bahasan di artikel tersebut. Akan lebih jika backlink kita ditanamkan pada rekomendasi untuk referensi tersebut.

4. Punya Alexa rank yang bagus.
Alexa rank adalah rank atau peringkat yang diberikan pada website yang sudah mengalami evaluasi, salah satu kriterianya adalah SEO yang bagus. Dan hanya website yang cukup besar yang memiliki alexa rank yang cukup bagus. Usahakan untuk menempatkan backlink pada website terpercaya yang punya alexa rank setidaknya 1 juta.
Salah satu contoh website besar adalah website yang punya alexa rank dibawah satu juta.

Apa itu Backlink ?

Kuncinya, untuk memiliki backlink secara tidak langsung dari Pencarian Google adalah :
1. Buat artikel sendiri(ORI bukan copas) yang sekiranya bakalan dicari orang.
2. Artikel panjang dan lengkap sehingga pembaca akan betah dari sering mengunjungi website kalian yang sudah dibercaya.
3. Jangan lakukan hal hal yang melanggar kebijakan Google sehingga tidak di deindex.

Baca juga : 
Perbedaan Organic Traffic dan Referral Traffic Serta Cara Mendapatkannya

No comments for "Pentingnya Backlink Untuk Meningkatkan Traffic Blog"